Apa solusi hidung tersumbat?

RY Info Penanya: RY
Dok, saya sering sekali mendapati Lendir yang berada diantara saluran hidung dan tenggorokan. jika tidak dikeluarkan bisa menghambat saluran pernafasan. Dan biasa terjadi dibagian kiri. Sebenarnya itu termasuk lendir biasa atau apakah tergolong dalam gejala penyakit dalam.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RY,

Hidung tersumbat disertai lendir adalah gejala yang bisa timbul karena beragam penyebab seperti diantaranya adalah peradangan lapisan hidung atau disebut dengan rhinitis, infeksi saluran pernapasan, reaksi alergi ataupun karena penyebab lain seperti polip hidung. Jika disertai rasa lendir yang mengalir ditenggorokan, sakit di wajah, hidung sering tersumbat, demam dan gejala lain maka bisa mengarah pada peradangan sinus atau disebut dengan sinusitis.

Perlu diperhatikan juga jika lendir berwarna kehijauan, lebih kental ataupun disertai darah maka menandakan adanya infeksi. Untuk mengatasi kondisi tersebut perlu dilakukan beberapa cara seperti menghindari faktor pemicunya seperti debu, polusi udara, udara yang terlalu dingin, makanan dan minuman tertentu, bersihkan hidung menggunakan larutan saline atau air garam, gunakan masker saat bepergian dan juga bisa menggunakan obat dekongestan atau pelega saluran napas yang diberikan dokter. 

Apabila hidung tersumbat lebih sering pada malam hari.

Solusinya adalah bisa mengatur posisi bantal agar lebih tinggi dari biasanya dan juga bisa membuat udara di kamar lebih lembab menggunakan air humidifier. Jika keluhan tidak juga membaik maka segera periksakan diri pada dokter atau dokter spesialis THT agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat pada bayi merupakan keluhan yang dapat membuat bayi mengalami kesulitan menyusui hingga bernapas

4 Kondisi Ini Bisa Menyebabkan Hidung Tersumbat pada Bayi

Hidung tersumbat pada bayi terjadi ketika pembuluh darah dan jaringan dalam rongga hidung tertutup karena terlalu banyak cairan. Kasus ini lebih sering terjadi pada bayi dibawah umur 6 bulan dan mengakibatkan kesulitan dalam menyusui karena tidak dapat bernafas dengan baik melalui hidungnya.