08 Jan 2021, 13:43Kandungan

Apa yang menyebabkan keluar bercak darah setelah penggunaan KB suntik 3 bulan ?

DR
Info Penanya: DR0
Dok saya ingin bertanya saya menggunakan KB pil pada tanggal 22 Desember sampai dengan tanggal 29 Desember,kemudian malam tanggal 29 tersebut saya beralih ke kb suntik 3 bulan sampai sekarang dan pernah melakukan hb dengan suami pada tanggal 23 Desember selama KB pil berjlan dan kemudian tanggal 7 Januari sampai hari ini saya keluar bercak darah apakah bahaya tolong dijawab dok terimakasih
175 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, D.Salah satu metode yang dapat dipilih untuk menunda kehamilan bagi pasangan yang belum siap, atau belum mau mempunyai anak lagi yaitu dengan meggunakan alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi ini dapat digunakan oleh perempuan atau laki-laki berupa kondom. Penggunaan alat kontrasepsi yang beragam, memiliki efek samping dan kelebihan serta kekurangan yang berbeda-beda pula.

Apa yang menyebabkan keluar bercak darah setelah penggunaan KB suntik 3 bulan ?

Alat kontrasepsi KB suntik 3 bulan banyak dipilih oleh wanita dalam mencegah kehamilan karena penggunaan yang tidak harus dikonsumsi setiap hari, jarak waktu penyuntikan yang relatif lama, penghentian alat kontrasepsi sesuai keinginan. Namun ada beberapa efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi suntik 3 bulan ini antara lain :
  • Siklus menstruasi menjadi tidak teratur.
  • Keluar bercak darah dari vagina di antara periode menstruasi.
  • Tidak datang menstruasi hingga berbulan-bulan.
  • Peningaktan berat badan.
  • Gairah seksual menurun.
  • Vagina menjadi lebih kering.
Jika Anda merasa tidak nyaman dengan efek yang dialami, Anda dapat konsultasi secara langsung atau online ke dokter spesialis kandungan. Anda dapat mengganti jenis alat kontrasepsi yang ada. Selain itu, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat dan olahraga yang rutin, tidak makan makanan yang tinggi gula, makanan cepat saji, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, agar tubuh Anda selalu sehat, hormon menjadi stabil, siklus menstruasi menjadi teratur kembali.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil