24 Dec 2020, 20:57Kandungan

Penyebab nyeri perut kiri disertai telat menstruasi

BL
Info Penanya: BL0
Selamat malam dok, saya mau tanya. Saya sudah melewatkan sekali siklus haid (yang seharusnya haid satu bulan yang lalu) dan hari ini saat mandi saya lihat ada lendir bening namun jumlahnya sedikit dan lengket dok. Dan perut saya sakit di bagian sebelah kiri. Kemarin setelah telat haid saya test kehamilan pakai test pack hasilnya negatif. Saat berhubungan memakai alat kontrasepsi dan tidak pernah ejakulasi di dalam. Kenapa ya dok? Terimakasih jawabannya dok.
6487 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, B.Rongga perut memiliki bermacam-macam organ. Jika salah satu organ tersebut mengalami gangguan, maka perut akan terasa nyeri. Rasa nyeri ini dapat disertai keluarnya flek kecoklatan atau lendir yang berbau. Nyeri dapat bertambah berat ataupun hilang timbul sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab nyeri perut kiri disertai telat menstruasi

Penyebab nyeri perut kiri disertai telat menstruasi antara lain :
  • Kehamilan ektopik terganggu dimana terjadinya penempelan janin tidak di dalam rahim melainkan di dalam tuba, maupun saluran tuba. Pembesaran janin ini akan mendesak jaringan sekitar sehingga menyebabkan pecahnya organ tuba yang menimbulkan rasa sakit luar biasa yang diikuti perdarahan di dalam perut. Penderita dengan kehamilan ektopik terganggu dapat menjadi syok diikuti penurunan kesadaran. 
  • Infeksi saluran kemih akibat sumbatan batu ataupun bakteri akibat sering menahan kencing dan kebersihan organ intim yang tidak dijaga dengan baik.
  • Infeksi pada tuba ataupun kista ovarium.
  • Proses penempelan janin di dalam rahim dapat menimbulkan nyeri dan flek kecoklatan.
  • Gajala premenstrual syndrome menyebabkan keluarnya lendir dan nyeri perut.
Telat haid yang Anda alami dapat disebakan oleh kehamilan maupun gangguan siklus menstruasi yang memanjang. Hasil pemeriksaan testpack yang negatif, dapat disebabkan karena kadar hormon kehamilan yang belum terlalu meningkat sehingga tidak terdeteksi di air seni. Untuk itu, Anda dapat memastikan terjadinya kehamilan dengan periksa test pack ulang dengan menggunakan urin saat pagi hari, 1 minggu hingga 2 minggu lagi. Anda juga dapat berkonsultasi langsung ke dokter kandungan dan melakukan USG transvaginal, untuk hasil yang lebih akurat. Penggunaan alat kontrasepsi dan proses ejakulasi di luar vagina memang dapat mencegah kehamilan, namun kemungkinan terjadinya kehamilan tidak dapat disingkirkan seutuhnya. Penggunaan alat kontrasepsi yang salah dapat meningkatkan peluang terjadinya kehamilan, terlebih jika wanita sedang dalam masa subur. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilankista ovariumpremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil