Batuk dengan lendir yang terkadang berdarah, apakah penyebabnya?

YH Info Penanya: YH, Wanita, 44 Tahun
Saya udah beberapa bulan ini sering keluar darah dari lendir di tenggorokan tanpa batuk tanpa demam, darah yg keluar bercampur dahak encer, kalo dahaknya aja bening, di tenggorokan seperti ada dahak terus setiap hari kalo mau dikeluarkan susah pas bisa keluar kadang dahak encer kadang dahak bercampur darah, obatnya apa ya, dan ini gejala penyakit apa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YH

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Batuk merupakan suatu mekanisme reflek normal dari tubuh kita untuk memberishkan saluran pernapasan dari benda asing atau lendir. Batuk yang sesekali dirasakan normal dirasakan oleh setiap orang. Batuk sendiri terdiri dari batuk kering (tidak berdahak), batuk ebrdahak, bahkan ada juga batuk darah (hemoptoe). Batuk bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti alergi, adanya penyakit paru-paru, infeksi bakteri, infeksi virus dan lain sebagainya.

Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan batuk berdahak yang disertai dengan darah adalah sebagai berikut:

Terkait dengan keluahan Anda, sebaiknya diketahui penyebab dari batuk yang Anda rasakan. Tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengobati batuk darah adalah menghindari makanan berlemak dna berminyak, konsumsi makanan bergizi seimbang, dapat juga mengonsumsi air hangat dengan madu dan lemon, atau dengan konsumsi minuman air hangat dengan rebusan jahe dan madu, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, cukupi kebutuhan cairan harian.

Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis paru terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan yang sesuai dengan keluhan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri TBC bisa muncul setelah 1-12 minggu Anda terpapar bakteri Mycobacterium tuberculosis

Ciri-Ciri TBC Tak Hanya Batuk Berdahak

Tuberkulosis, atau kerap disingkat TBC termasuk penyakit menular yang paling sering menyerang paru-paru. Menurut WHO, penyakit ini adalah salah satu dari 10 penyebab utama kematian di seluruh dunia. Karena itu, ciri-ciri TBC penting untuk diketahui agar tidak terlambat ditangani dan berujung fatal.