Kenapa sering lemas?

FS Info Penanya: FS, Wanita, 24 Tahun
Malam dok, saya baru2 ini sering lemas. Cuma lemas aja dok tp ga ada keluhan lain. Kira2 knp ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FS,

Lemas adalah sensasi berupa rasa tidak bertenaga, malas melakukan hal apapun, badan terasa berat yang bisa saja disebabkan oleh berbagai hal.

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab lemas :

  • Anemia. Kurangnya sel darah merah dapat menimbulkan keluhan lemas, lunglai, pusing, pandangan gelap atau berkunang-kunang.
  • Hipotensi. Tekanan darah rendah juga memiliki gejala yang mirip dengan anemia. Anda bisa memastikannya dengan mengukur tekanan darah Anda di klinik terdekat.
  • Depresi. Adanya beban pikiran, masalah berat sering menimbulkan keluhan lemas, enggan melakukan hal apapun, hal tersebut sebagai usaha tubuh untuk melupakan masalah yang ada.
  • Hipoglikemia. Kadar gula yang terlalu rendah akibat sering terlambat makan akan menimbulkan keluhan lemas, hingga keringat dingin.

Sementara yang dapat Anda lakukan agar tidak terus lemas adalah :

  1. Bila tidak ada gejala lain, artinya Anda harus berpikir positif dan berusaha untuk bersemangat untuk menjalani hidup. Cari kesibukan baru yang menyenangkan.
  2. Makan dan minum secara teratur.
  3. Jangan bergadang.
  4. Berbagi cerita dengan orang lain bila Anda memiliki masalah.
  5. Olahraga secara teratur agar tubuh lebih bugar.

Bila tidak ada perubahan, badan tetap lemas, muncul keluhan lain seperti pusing, mual, maka lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aroma lavender dapat menahan rasa sakit dan antikecemasan

10 Cara Mengatasi Stres yang Tidak Sulit untuk Anda Lakukan

Stres merupakan gangguan mental yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa cara mengatasi stres, antara lain mencium aroma lavender, berolahraga, pergi ke luar, perbanyak senyum, dan mendengarkan lagu.