Lemas, demam, pusing sesak nafas disertai batuk darah

PU Info Penanya: PU, Wanita, 23 Tahun
selamat siang dokter 3hari belakangan ini badan saya merasa lemas terus, badan menggigil kepala pusing kadang sesak nafas mata berkunangkunang dan batuk juga yang disertai ada sedikit darah. apakah ini ada penyakit dalam atau apa ya dok ? terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore PU

Keluhan lemas, demam, pusing disertai batuk darah dan sesak biasa mengarah pada infeksi Tuberkulosis. Infeksi ini terjadi saat kumat bakteri MTB masuk ke saluran nafas dan paru kemudian berkembang hingga merusak paru, keluhan yang paling sering dirasakan pasien adalah batuk darah, nafas sesak, badan lemas, demam ringan, berat badan semakin turun.

Untuk penentuan diagnosis penyakit kamu saya sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter, mungkin diperlukan evaluasis sputum/ dahak BTA dan pemeriksaan foto rontgen thorax/dada

Kamu juga saya sarankan untuk istirahat, hindari debu dan asap rokok, perbanyak makan telur, daging dan multivitamin, meminum sari temulawak/curcuma. Jika batuk memakai masker atau menutup mulut. 

kamu dapat berkonsultasi dengan dokter umum dahulu, selanjutnya dapat diarahkan ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis Paru.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi paru-paru dapat menimbulkan komplikasi yaitu empiema

Ketahui Kaitan Antara Infeksi Paru-paru Pneumonia dan Empiema

Infeksi paru-paru pneumonia yang tidak segera mendapatkan penanganan akan memicu penumpukan cairan pada paru-paru. Bila cairan berlebih ini terinfeksi, maka akan muncul nanah pada paru-paru atau biasa disebut empiema.