Leher tersangkut tali 2 hari yang lalu, saat ini tenggorokan sakit dan suara serak. Bagaimana mengatasinya?

BL Info Penanya: BL, Pria, 20 Tahun
Dok mau ini, 2 hari lalu saya bercanda sama temen ditali terus saya hampir jatoh talinya ke sangkut dileher terus ini tenggorokan saya sakit dan suara saya serak tidak bisa suara tinggi kalo coba nyanyi gak bisa nada tinggi itu kenapa ya dok, cara atasinnya gimna dok? Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, BL

Terima kasih atas pertanyaannya.

Setelah tercekik kemungkinan pita suara Anda masih trauma, sehingga menjadi bengkak. Sama seperti lengan setelah dicubit akan membengkak dan menjadi merah sebagai tanda radang. Pita suara letaknya memang dekat dengan permukaan leher. Kalau pada laki-laki sedikit diatas jakun. Karena pita suara (laring) meradang maka keluhan yang Anda alami suara serak dan nyeri tenggorokan. Begitu pula jika menelan.

Jadi Anda perlu menghindari radang bertambah dengan cara banyak minum air putih, tidak perlu yang panas apalagi air dingin. Hindari juga kopi, soda, rokok serta makanan berminyak atau bersantan. Anda juga dapat menggunakan obat anti nyeri yang dijual bebas di pasaran, untuk mengurangi radangnya. Setelah nyeri dan radang berkurang maka suara akan kembali. Bila keluhan masih berlanjut, sebaiknya Anda konsultasi dengan Dokter Spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut. Berikut artikel mengenai cara mengobati radang tenggorokan di rumah untuk referensi Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nodul dan polip pita suara merupakan penyebab suara serak

Inilah Penyebab Suara Serak yang Perlu Anda Waspadai

Penyebab suara serak salah satunya adalah nodul dan polip pita suara. Namun ada beberapa penyebab lain seperti kista pita suara, laringitis, epiglotitis dan kanker laring.