26 Nov 2020, 13:47Kulit & Kelamin

Kulit leher menjadi gatal dan merah

SA
Info Penanya: SA, Wanita0
Dok bbrpa bln yg lalu sy pkai krim temulawak di leher,dan leher sy mnjdi putih dan bersih,sblm ny leher sy hitam dekil.dan sy pkai krim temulawak itu di leher sj tdk di muka,kemdian bbrp bln kemudian sy gnti krim bedak citra gold di leher saya dan aman" aja dok,setelah itu saya berhentikan pemakain nya dan sy tdk pkai apa" untk leher sy,kemudian selang beberapa bln saya pakai lg krim citra gold di leher saya dan leher saya menjadi gatal dan merah dok tapi dok,merah dan gtl nya hnya di tengah
428 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang SA,Kulit yang memerah atau ruam adalah tanda adanya peradangan pada kulit, penyebabnya bisa karena iritasi, bisa karena alergi, bisa juga karena infeksi kulit. Jika terjadi mendadak dan hilang dengan sendirinya maka perlu diperhatikan apa yang jadi pemicunya.

Penyebab gatal hingga ruam

Perhatikan juga ada tidak keluhan lain seperti rasa gatal, timbul bruntusan di leher, ataupun rasa perih. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan gejalanya diantaranya adalah:
  • Kompres dengan air dingin
  • Minum obat pereda gatal seperti obat antihistamin contohnya chlorphenireamine maleat 4 mg
  • Gunakan losion calamine di bagian kulit yang kemerahan untuk meredakan gatal
  • Hindari debu, udara dingin, ataupun bahan krim yang bisa jadi pemicunya
  • Kendalikan dan kelola stres dengan baik
Jika sering kali kambuh dan meluas, segera periksakan pada dokter untuk diperiksakan apa penyebabnya dan diberikan pengobatan lebih lanjut. Hindari menggaruk atau menggosok bagian yang kemerahan dan gatal agar tidak infeksi ataupun iritasi yang lebih luas. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
alergigatalruam kulitbiduran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil