Leher pegal, badan lemas, rambut rontok, apakah karena kolesterol tinggi?

MP Info Penanya: MP, Wanita, 22 Tahun
Dokter mau tanya, kenapa leher saya sering pegel, badan saya sering lemes dan rambut saya rontok. Apa saya terkena kolestrol dokt ? Mohon di jawab ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MP.

Saya akan menjawab pertanyaan Anda.

Nyeri pada leher sering dikaitkan dengan tingginya kadar kolesterol. Pada kenyataannya, kolesterol yang tinggi tidak meninmbulkan gejala fisik apapun. Namun demikian, kolesterol tinggi akan memicu terjadinya penyakit serius, seperi stroke dan penyakit jantung. Untuk mengetahui apakah kadar kolesterol tinggi, akan dilakukan tes darah.

Adapun nyeri pada leher dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  • Spasme/ketegangan otot leher ; akibat posisi yang salah saat berbaring/tidur, sering membungkuk, sering menyentakkan leher
  • Gangguan saraf di leher
  • Cedera di leher
  • Penyakit lainnya

Beberapa hal dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi rasa pegal di leher, seperti kompres air hangat, lakukan peregangan otot leher, berendam di air hangat, dan krim pereda nyeri.

Sedangkan rambut rontok disebabkan oleh faktor genetik, perubahan hormonal, adanya penyakit, stress, kekurangan zat besi dan efek samping pengobatan. Hindari penataan rambut yang terlalu kencang, roll yang terlalu panas, hindari stress.

Konsultasikan dengan dokter apabila keluhan-keluhan Anda juga tidak berkurang untuk evaluasi dan tata laksana lanjutan.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Syarifah Chaula Amrina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi rambut rontok dan kebotakan

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Terapi Obat dan Laser

Rambut rontok dan kebotakan pada wanita dapat menyebabkan kurangnya rasa percaya diri dan mengganggu penampilan. Perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi rambut rontok dan kebotakan seperti minoxidil cair, pil spironolactone, suntikan kortikosteroid, anthralin topikal, terapi plasma kaya platelet, sampoo ketokonazol, terapi caha dan laser.