leher bengkak sedang hamil

PR Info Penanya: PR
selamat pagi dok , saya mau tanya obat yg cocok untuk ibu hamil saat ini saya alami apa ya . agar bisa di beli di apotik terdekat aja . awal nya gigi memang uda bolong , klo ketekan makan atwa berkumur th sakit luar biasa dan ngilu2 gtu . saat saya hamil ini , malah sering jd kluar darah juga . saya ga nyaman banget dok , sama bau nya juga duh , uda prnah mau di cabut gigi saya tp dokter setempat menyarankan jangan dlu karna lgi hamil .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam PR,

Kehamilan adalah kondisi yang bisa menyebabkan beberapa perubahan pada tubuh mulai dari bentuk tubuh, hormonal tubuh, dan juga fisiologis tubuh lain yang berubah. Salah satu yang bisa timbul adalah gangguan pada gigi dan mulut. Perubahan hormonal selama kehamilan bisa menyebabkan gigi menjadi goyang ataupun lebih mudah terjadi masalah pada gigi dan gusi.

Apabila sering kali mengalami bengkak di gusi, gusi berdarah, ataupun sampai ada infeksi maka perlu dilakukan pengobatan karena jika terjadi infeksi dan tidak ditangani dengan baik bisa mengakibatkan masalah lain.

Apabila sudah diperiksakan dan tidak bisa dilakukan pencabutan gigi, bisa mencoba meminta opini pada dokter gigi lain. Nantinya bisa dilakukan penanganan baik pembersihan gigi, pembersihan karang gigi, pemberian obat yang aman untuk kondisi hamil agar apabila ada infeksi bisa teratasi.

Kami juga menyarankan untuk bisa memeriksakan diri pada dokter gigi sepsialis penyakit mulut / oral medicine untuk memastikan kondisi gigi dan mulut Anda dan dilakukan penanganan yang tepat. Tetap menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut dengan cara:

  • Rutin menyikat gigi 2 kali sehari, pilih sikat gigi yang lembut
  • Berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol
  • Bersihkan gigi menggunakan benang gigi
  • Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis
  • Perbanyak minum air putih

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

ibu hamil mengalami perut kencang pada masa kehamilan 39 minggu

Hamil 39 Minggu Perut Sering kencang? Ini Jawabannya

Saat hamil 39 minggu, beberapa calon ibu mulai mengalami berbagai keluhan, salah satunya adalah perut sering kencang. Umumnya, hamil 39 minggu perut sering kencang dapat diakibatkan oleh kontraksi Braxton-Hicks. Kenali apa itu kontrakis Braxton-Hicks