19 Feb 2021, 15:33Kulit & Kelamin

Apa yang menyebabkan luka lecet pada frenulum ? 

EX
Info Penanya: EX0
Dok saya mau bertanya saya pria masih remaja umur 14,saya melihat ada fernulum yg luka/lecet akibat mungkin karena saya suka onani apakah bisa sembuh sendiri?,dan apakah jika fernulumnya lecet bisa menyebabkan rasa geli pada kepala penis ketika dipegang, soalnya saya lihat di artikel fernulum itu sensitif
171 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, E.Organ intim merupakan area sensitif dimana kaya akan pembuluh darah dan saraf. Organ intim laki-laki selain digunakan untuk saluran reproduksi, digunakan pula untuk saluran kemih. Hal ini membuat masalah di saluran kemih menyebabkan organ reproduksi juga terganggu.

Apa yang menyebabkan luka lecet pada frenulum ? 

Frenulum adalah bagian yang menghubungkan penis dengan kulup dimana frenulum ini sangat tipis dan gampang sobek sehingga menimbulkan luka lecet yang terasa nyeri pada penis. Luka lecet pada frenulum disebabkan beberapa hal antara lain :
  • Berhubungan seksual.
  • Onani dengan keras dan kuku yang panjang.
  • Menaiki sepeda maupun sepeda motor.
  • Benturan pada penis.
  • Menggunakan pakaian dalam dan celana yang terlalu ketat.
Luka lecet pada frenulum akan sembuh dengan sendirinya jika luka tersebut berukuran kecil, tidak ada perdarahan aktif, dan tidak infeksi. Selama terdapat luka pada frenulum maka sebaikya Anda tidak melakukan onani terlebih dahulu, hindari penekanan pada penis baik menaiki sepeda, sepeda motor, olahraga yang berat, dan gunakan pakaian dalam yang nyaman. Bersihkan frenulum dan penis dengan air minum bersih lalu keringkan dengan menepuk secara perlahan hingga luka mengering.Jika luka lecet pada frenulum bertambah nyeri, menjadi bengkak, memerah, keluar nanah, bada demam segera konsultasi ke dokter soesialis urologi bersama orangtua Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kulup penismasturbasikepuasan seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil