Lebih sehat mana minyak goreng/ mentega/ margarin?

HS Info Penanya: HS, Pria, 22 Tahun
Mau nanya dok, lebih sehat mana sih menggoreng pakai minyak goreng atau pakai margarin/mentega?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HS,

Makanan yang digoreng memang lebih menggiurkan dan enak dimakan, namun banyak bahaya yang mengancam dibalik aneka gorengan tersebut bila dikonsumsi secara berlebihan, terlepas apakah digoreng menggunakan minyak goreng/ mentega/ margarin karena semuanya mengandung lemak.

Pada mentega dan margarin sendiri terdapat perbedaan dari segi bahan dan proses pengolahannya. Dimana margarin (yang berwarna lebih putih dibanding mentega) terbuat dari minyak tumbuh-tumbuhan seperti canola. Meskipun margarin terbuat dari minyak tumbuh-tumbuhan namun dalam proses pembuatannya menggunakan proses hidrogenasi dimana lemak tak jenuh akan diubah menjadi lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh.

Hal ini bukan berarti mengonsumsi mentega lebih baik daripada margarin, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang perlu diperhatikan adalah kurangi konsumsi makanan berlemak dan gorengan dan beralih ke makanan yang dikukus atau rebus untuk meningkatkan kesehatan tubuh selain tentunya juga perlu dibarengi dengan olahraga dan tidur secara teratur.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Suplemen kolagen dapat mencegah penuaan dini, dan mengurangi keriput di kulit

Apa itu Kolagen dan Mengapa Penting untuk Kesehatan?

Apabila sering membeli produk kecantikan, Anda mungkin sering mendengar kata kolagen. Sebenarnya, apa itu kolagen? Apapula peran kolagen bagi tubuh? Kolagen adalah zat yang diperlukan tubuh, dan memiliki peran tertentu untuk kesehatan dan penampilan.