Apa penyebab haid menjadi lebih cepat datang?

LM Info Penanya: LM, Wanita, 1 Tahun
Hallo dok.. saya mau tanya.. saya haid terakhir x pd tgl 28 feb..tp pd tgl 17 Maret saya haid tp hanya sedikit dok.. lebih tepat nya.. kemungkinan hanya 5menit haid nya..karna di saat saya tau ada bercak darah d seprei..langsung say cek di CD & saya pakai pembalut tp itu udah nggak keluar LG darah nya... Itu kenapa ya dokter.. karna baru pertama x ngalami nya..?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, L.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Menstruasi merupakan suatu proses keluarnya darah dari vagina. Siklus menstruasi wanita pada  umumnya setiap 28 hari. Tetapi, ada juga yang setiap 21-35 hari. Itu masih merupakan hal yang wajar. Rata-rata wanita mengalami menstruasi selama 2-7 hari. Lebih dari 7 hari, maka dapat dikatakan gangguan mentruasi.

Menstruasi yang tidak teratur bisa dipengaruhi oleh beberapa kondisi seperti:

  • Stres.
  • Kecapekan
  • Pola makan yang buruk.
  • Berat badan yang tidak ideal.
  • Gangguan hormon.
  • Penggunaan KB.
  • Kondisi medis tertentu seperti PCOS, gangguan tiroid, dll.

Kondisi menstruasi yang Anda alami ini kemungkinan penyebabnya karena salah satu faktor diatas. Ini masih merupakan hal yang wajar dan bukan tanda suatu penyakit. 

Untuk menstruasi di bulan selanjutnya, sebaiknya di observasi lagi apakah masih seperti itu atau tidak. Jika menstruasi masih sama seperti pada bulan Maret, maka saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke bidan atau dokter agar dapat dievaluasi kondisi menstruasi Anda ini.

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda PMS yang umumnya terjadi adalah kram, sakit kepala, dan mood swing

Serba-serbi PMS, Mulai dari Tanda-tanda PMS Sampai Pencegahannya

PMS merupakan gejala fisik dan psikologis yang dialami oleh wanita sebelum mengalami menstruasi. Tanda-tanda PMS yang sering terjadi, antara lain: kram, payudara mengeras, perubahan nafsu makan, kaki tangan membengkak, sakit kepala, hingga diare.