logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Gigi & Mulut

Lebih baik perawatan saluran akar atau cabut gigi?

16 Feb 2023, 20:16

H

Info Penanya: H

awalnya saya ingin menambal gigi, tp ga bsa krna ada gusinya keluar sedikit, jd di suruh dokternya agar gusinya di potong sedikit agar bisa di tambal. Dr hsl rotgen ternyata giginya itu sdh busuk sampai ke akar, dan kata dokternya di suruh cabut aja, jika ingin dipertahankan harus perawatan saluran akar dan prosesnya lama & ada kemungkinan gagal juga. Sy bingung ingin cabut atau perawatan saluran akar, karena giginya tdk sakit dan kelihatan masih bisa untuk di tambal.

Dilihat 909

0 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Dwiana Ardianti

Selamat  sore, H

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Gigi busuk adalah kondisi saat adanya gigi berlubang namun tidak ditangani dengan baik dan juga kurang menjaga kebersihan. Sehingga ada sisa makanan yang menyangkut dan memicu terjadinya infeksi gigi. Gigi yang busuk ini bisa disertai dengan rasa nyeri, bengkak, gusi sering berdarah, bau mulut, hingga adanya gigi goyang. 

Perawatan gigi yang sudah membusuk biasanya berdasarkan pada kondisi gigi saat pemeriksaan. Untuk pilihan cabut gigi akan dilakukan bila sudah tdak ada pilihan laian yang bisa dilakukan untuk kondisi gigi Anda. Dengan kata lain, kondisi gigi sudah rusak. Sehingga, jika masih memungkinkan untuk dilakukan penambalan ataupun perawatan saluran akar, baisanya dokter gigi akan melakukan beberapa metode tersebut terlebih dahulu.

Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda bila dokter gigi menyatakan bahwa gigi sudah busuk sampai ke akar ini hanya bisa diatasi dengan cabut gigi maka maka sebaiknya Anda melakukan tindakan tersebut. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mendapatkan tatalaksana lebih lanjut. Sementara ini Anda bisa konsumsi makanan dengan tekstur lunak, hindari makanan dengan suhu ekstrim dan pastikan tetap menjaga kebersihan rongga mulut Anda. 

Anda juga bisa membaca beberapa forum kami yang lain terkait dengan keluhan serupa di bawah ini

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dwiana A

kesehatan gigiabses gigigigi berlubang

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved