Larut dalam kesedihan dan merasa hidup tidak berguna. Apakah merupakan tanda depresi?

SR Info Penanya: SR, Wanita, 19 Tahun
Dok saya wanita yang baru mau memasukI usia 20 tahun dalam beberapa bulan terakhir saya selalu larut dalam kesedihan dan saya merasa hidup saya tidak berguna.bahkan tidak jarang tiba2 saya menangis tanpa sebab dan sempat berpikir untuk mengakhiri hiduo.apakah itu wajar diawal usia 20an karena setiap saya search di Google tanda2 tersebut menunjukan saya depresi.mohon dijawab dok dan terimakasih atas jawabannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SR

Memang benar apa yang anda rasakan merupakan tanda dari depresi. Penyebab pasti dari depresi belum bisa dipastikan namun ada beberapa faktor yang berperan sehingga timbul depresi. Seperti faktor keturunan, perubahan fisik atau gangguan kimiawi di otak serta perubahan dan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Selain itu bisa juga akibat suatu peristiwa yang memberi stres tinggi dan trauma pada anda. Begitu pula kepribadian rendah percaya diri atau merasa pesimis.

Beberapa langkah menangani depresi seperti mengurangi stres dengan meditasi, yoga dan latihan napas. Meningkatkan rasa percaya diri, bersosialisasi dengan orang lain, melakukan aktivitas yang disenangi, olahraga teratur, makanan yang seimbang dan bergizi, meminta dukungan keluarga atau teman dekat anda.

Anda juga dapat meminta tolong tenaga professional untuk membantu anda mengatasi depresi. Ada juga beberapa organisasi dan grup konseling yang bisa anda ikuti. 

Kenali Ciri-ciri Orang Depresi!

Sayangi Diri Anda dengan Lakukan Cara Meningkatkan Percaya Diri Berikut Ini

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengenal arti bad mood serta cara mengatasinya

Sebenarnya, Apa Arti Bad mood dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Arti badmood adalah perasaan negatif yang muncul secara bertubi-tubi. Tidak hanya sedih, orang yang mengalami badmood juga akan sering marah, frustrasi atau gampang tersinggung.