16 Sep 2021, 10:03Pernapasan

Laringitis tb apakah harus operasi?

RA
Info Penanya: RA0
Siang dok. Mau bertanya stelah selesai pengobatan TBC saya divonis laringitis. suara gak serak dan berat sudah jalan 1 tahun apakah bisa sembuh dengan cara operasi perbaikan jaringan pita suara? Mkasih dok.
162 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R, Laringitis adalah infeksi pada laring atau saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Laringitis umumnya dapat disembuhkan dengan antibiotik dan tidak memerlukan operasi. Berbeda lagi jika terdapat kerusakan pita suara atau adanya benjolan di pita suara yang membutuhkan operasi.

Menangani Laringitis

Laringitis memang secara normal menyebabkan suara serak karena pembengkakan disekitar pita suara dan hal ini sangat umum terjadi. Laringitis yang Anda alami setelah selesai pengobatan TBC mungkin juga sama sekali tidak berhubungan dengan penyakit tuberkulosis maupun pengobatan yang Anda lakukan sebelumnya.TBC merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang dapat menyerang paru, kelenjar getah bening, tulang, otak, rongga perut, dan bagian tubuh lainnya. TB ekstraparu yang paling sering menyebabkan benjolan pada leher adalah TB kelenjar. Penanganan TB jenis apapun, harus dilakukan dengan Obat Anti Tuberkulosis (OAT).  Sedangkan jika Anda ingin tau apakah Anda mengalami TB laring atau tidak, konsultasikan kondisi Anda lebih lanjut pada dokter paru. Jika memang membutuhkan operasi maka dokter akna menyarankan dilakukan operasi.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tbctuberkulosislaringitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil