Lanula kuku ibu jari hilang segaris dan menguning

SF Info Penanya: SF, Pria
Dok saya mau tanya kuku ibu jari saya lanula nya kok hilang segaris dan mulai menguning dan ada titik merah atau hitam gitu tapi kecilKalo boleh tau penyakit apa yg saya derita
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SF,

Kondisi kesehatan kuku terkadang juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan pada organ lain seperti misalnya apabila keseluruhan kuku tampak menguning dimana bisa menjadi pertanda adanya gangguan seperti gangguan hati, gangguan tiroid, gangguan saluran pernapasan kronis, gangguan pada saluran kelenjar getah bening.

Tapi jika hanya 1 jari saja bisa ditimbulkan karena beberapa penyebab seperti trauma pada kuku, adanya penyakit kuku seperti infeksi jamur kuku ataupun infeksi bakteri jika disertai adanya bengkak atau nyeri di sisi-sisi kuku. Selain itu beberapa faktor lain seperti asupan nutrisi, faktor psikilogis, kebersihan diri juga bisa berpengaruh pada kesehatan kuku.

Untuk itu apabila keluhan pada kuku dirasa mengganggu dan juga menimbulkan gejala lainnya. Ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter agar dilakukan evaluasi terhadap kondisi kesehatan Anda dan mencari tahu ada tidaknya gangguan kesehatan yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketahui perbedaan stretchmark dan selulit agar tau cara menanganinya

Kenali Perbedaan Stretchmark dan Selulit agar Penanganannya Tepat Guna

Selulit dan stretchmark termasuk dua masalah kulit yang sering menghampiri perempuan. Selulit dan stretchmark tidaklah sama, stretchmark umumnya muncul di perut, payudara, lengan, bokong dan paha.  Sedangkan selulit kerap timbul pada paha belakang dan bokong.