Langkah kaki dan jemari anak mengarah ke dalam, apakah normal?

SL Info Penanya: SL, Wanita, 39 Tahun
Selamat siang Dokter,Anak saya perempuan berusia 17 bulan, mengapa kalau berjalan terlihat langkah kaki kirinya dan jemari mengarah kedalam? Dia sudah bisa berjalan sejak usia 12 bulan. Tapi saya baru menyadari adanya kebiasaan berjalan ini. Apakah ini suatu kelainan atau masih normalkah mengingat cuma terjadi pada sebelah kakinya saja?Apa sebaiknya yang bisa dilakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Ibu SL,

Pengamatan yang Ibu lakukan terhadap putri Ibu di awal pertumbuhan adalah tindakan yang bijak dan baik. Pada dasarnya bila kondisi ini tidak menyebabkan anak merasa sakit atau terhambat cara berjalan maka Ibu tidak perlu cemas. Mungkin saja kondisi ini masih merupakan lanjutan akibat posisi bayi dalam kandungan (intra uterine position) yang akan hilang dengan sendirinya.

Untuk lebih pastinya sebaiknya Ibu mengunjungi Dokter Anak (SpA) untuk berkonsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stunting dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada ibu hamil dan anak

Pencegahan Stunting Penting Dilakukan, Ini Caranya

Stunting atau masalah gizi pada anak sangat penting untuk dicegah. Hal itu disebabkan stunting memengaruhi tumbuh kembang anak. Pencegahan stunting dapat dilakukan sejak masa kehamilan dan pemberian asupan nutrisi yang cukup pada anak. Oleh karena itu, stunting dan upaya pencegahannya sangat penting untuk diketahui oleh para wanita yang berencana atau sudah memiliki anak.