Di diagnosis tifus namun belum membaik, bagaimana penanganan selanjutnya ?

AF Info Penanya: AF, Wanita, 18 Tahun
Pagi dok, ingin bertanya. Jadi sebelumnya saya telah di diagnosa terkena tifus, kemudian diberi obat namun tak ada hasil yang terlihat. Justru yang terjadi tiap saya makan ,perut dan badan saya merasa tak nyaman, kadang pula juga pusing sampai saat ini. Terkadang juga perut saya sering merasa mulas dan seperti ada banyak angin yang berjalan di usus. Kenapa bisa terjadi ya dok? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Krn hal tersebut memicu pada aspek kecemasan berlebih dalam diri saya. Terimakasih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
Selamat sore, AF. Tifus atau yang dalam bahasa medis disebut dengan demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat mengganggu berbagai organ di dalam tubuh khususnya organ pencernaan yaitu usus. Bakteri penyebabnya adalah Salmonella typhi. Umumnya seseorang terinfeksi dengan cara mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi bakteri tersebut. Jika pengobatan yang dijalani kurang adekuat atau bahkan tidak tepat maka dapat mengakibatkan komplikasi yang serius.  

Adapun berbagai gejala dari demam tifoid yang meliputi :

  • demam
  • sakit perut
  • diare atau konstipasi
  • pegal linu
  • ruam "rose spot" di dada dan perut pada sebagian penderita
  • buang air besar berdarah
  • mimisan
  • kebingungan, cemas, sulit untuk fokus
  • kelelahan
  • lemas

Menganai keadaan yang Anda alami, mungkin pengobatan yang diberikan belum cukup adekuat untuk menangani infeksi di dalam tubuh terkait jumlah mikroorganisme atau bakteri yang kadarnya cukup banyak. Umumnya jika perawatan di rumah tidak memadai maka pada kasus demam tifoid ini diperlukan perawatan di rumah sakit. Untuk keadaan Anda saat ini ada baiknya untuk kontrol kembali pada dokter yang menangani sebelumnya atau datang ke fasilitas kesehatan darurat. Dokter pemeriksaan umumnya akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti cek darah, dan berdasarkan hasil tersebut akan dapat ditentukan tindakan terbaik untuk Anda selanjutnya.

Sementara ini Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lembut dan beristirahat tirah baring lebih banyak karena banyak bergerak dapat mengakibatkan organ usus Anda mengalami luka. Salam sehat,  dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mekanisme kerja antibiotik adalah menghentikan bakteri berkembang biak sekaligus menghancurkannya

Bagaimana Mekanisme Kerja Antibiotik Agar Ampuh Lawan Bakteri?

Sebelum minum antibiotik, pastikan infeksi yang dialami memang disebabkan karena bakteri. Mekanisme kerja antibiotik bisa saja gagal membunuh bakteri apabila tubuh seseorang mengalami resistensi.