26 Nov 2020, 14:33Perut

Nafas bau seperti got dan perut kembung bagaimana mengatasinya ?

W
Info Penanya: W0
selamat siang dok , dok saya mau tanya sudah 10 thn ini saya mengalami perut sll panas kembung dan tidak nyaman bahkan yg paling mengganggu dari dalam perut saya , mengeluarkan bau seperti sampah , air got atau kadang bau jengkol , penyakit apkah ini dok ? mental saya benar2 ancur krn ini. mohon pencerahannya dok.
413 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi WN.Terima kasih atas pertanyaannya.Nafas yang bau dapat disebabkan berbagai hal, bisa berasal dari mulut, saluran nafas, atau saluran pencernaan. Nafas yang bau disertai dengan perut yang kembung kemungkinan berasal dari saluran pencernaan yaitu lambung.Gangguan pada lambung sering diakibatkan oleh meningkatnya asam lambung. Asam lambung diproduksi setiap waktu oleh lambung yang dipicu oleh bau makanan dan makanan yang masuk ke lambung. Asam lambung bersifat asam untuk mencerna makanan dan kemudian dinetralisasi di dalam usus halus untuk proses penyerapan zat gizi makanan.Asam lambung yang meningkat dapat disebabkan berbagai hal seperti stress, mangkonsumsi makanan yang berlemak, pola makan yang tidak teratur, makan terlalu kenyang, makanan pedas dan asam, posisi berbaring setelah makan, kopi, rokok, dan obat-obatan tertentu (antinyeri, antibiotik, dsb) serta infeksi. Tentunya untuk menghindari asam lambung meningkat dpat menghindari hal-hal tersebut.

Menghilangkan bau mulut

Beberapa langkah untuk mengurangi bau mulut :

  • Jaga kesehatan mulut dan gigi, segera obati bila ada gigi yang berlubang
  • Menjaga pola makan yang teratur untuk menghindari gangguan maag
  • Atasi penyakit yang mungkin menjadi penyebab
  • Kumur-kumur dengan antiseptik mulut
  • Perbanyak makan buah dan sayur
  • Banyak minum air putih, terutama sebelum dan setelah makan untuk membantu pencernaan
  • Minum air perasan lemon dengan air hangat pagi hari dapat membantu mengurangi bau mulut dan membantu pencernaan
Konsultasikan ke dokter umum apabila hal ini tidak membaik dan memberat untuk mengetahui kemungkinan penyebab dan dapat dirujuk ke dokter spesialis terkait untuk menangani sumber penyakit.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
manfaat air lemonbau mulut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil