Apa penyebab terlambat datang bulan?

AK Info Penanya: AK
dok sy mau tny bln maret tgl 16 sy udh dtg bln tp skrg bln april tgl 16 sy blm dtg bln,apa penyebabnya ya dok apa sy terlalu gemuk ya atau sy hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AK.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Datang bulan atau sering kita sebut dengan istilah menstruasi rata-rata terjadi setiap 28 hari. Menstruasi dikatakan normal dalam jangka waktu 21-35 hari. Menstruasi ini normal terjadi pada setiap wanita, yang terjadi karena pengaruh dari hormon reproduksi wanita. Terlambat menstruasi bisa dikatakan apabila siklus melebihi 35 hari. Siklus dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir sampai dengan menstruasi bulan berikutnya. 

Penyebab terlambatnya haid bermacam-macam, diantaranya yaitu:

  • Kehamilan
  • Hormonal
  • Aktifitas fisik yang berlebihan 
  • Stres
  • Status gizi (terlalu gemuk atau terlalu kurus)
  • Penggunaan pil/suntik KB

Terkait dengan keluhan Anda, sampai tanggal 16 April berarti baru terhitung 31 hari. Sebaiknya Anda menunggu sampai dengan 35 hari, karena siklus haid normal bisa sampai 35 hari. Apabila sampai 35 hari belum juga ada tanda-tanda menstruasi, Anda bisa melakukan tes kehamilan . Tes kehamilan bisa dilakukan sebanyak tiga kali. Jika hasilnya negatif atau meragukan dan masih belum ada tanda-tanda menstruasi, maka Anda bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu beberapa tips agar menstruasi teratur adalah dengan menjaga hormon tetap stabil. Konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, lakukan olahraga ringan 2-3 kali dalam seminggu, serta hindari stres. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara merawat miss V adalah dengan memperhatikan warna darah menstruasi yang keluar

Ini 5 Cara Merawat Miss V Saat Menstruasi dengan Tepat!

Berbeda dari biasanya, Anda perlu melakukan penyesuaian untuk merawat vagina saat sedang menstruasi. Salah satu cara merawat Miss V saat menstruasi adalah dengan rutin mengganti pembalut.