Terlambat datang bulan setelah hubungan intim, apakah mungkin hamil ?

M Info Penanya: M, Wanita, 21 Tahun
Selamat pagi dok, saya mau bertanya dok. Saya datang haid terakhir tgl 3 Agustus dan selesai 3 hari kemudian. Lalu saya berhubungan itim dengan pasangan sayang akhir bulan agustus. Dan bulan September saya belum datang haid sampai tgl 8 ini. Apakah bisa kemungkinan hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terlambat datang bulan merupakan keluhan yang dapat terjadi pada setiap wanita dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Terdapat berbagai faktor yang berhubungan dengan hormon pengatur siklus haid dan bersifat sementara atau ringan. Adapula kondisi medis tertentu yang normal seperti kehamilan dan keadaan abnormal seperti penyakit pada alat reproduksi yang bisa lebih serius.

Berikut beberapa faktor dan kondisi medis tersebut, antara lainnya ialah :

  • obesitas atau status gizi yang cenderung kurang
  • kurang berolah raga atau terlalu berlebihan seperti atlet
  • pola makan tidak sehat dan gangguan tertentu seperti anorexia dan bulimia
  • kelelahan
  • stres, kecemasan dan kondisi emosi yang sedang tidak stabil lainnya
  • konsumsi obat-obatan tertentu
  • penyakit tertentu seperti sindroma polikistik ovarium (PCOS), penyakit kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai kemungkinan kehamilan yang Anda tanyakan tentunya dapat terjadi apabila hubungan dilakukan tanpa penggunaan alat kontrasepsi. Sejatinya walau bukan pada masa subur, seorang wanita yang aktif secara seksual tetap memiliki peluang untuk hamil walaupun peluangnya lebih kecil dibandingkan jika melakukan hubungan seksual pada masa subur.

Untuk memastikannya, apabila telah terjadi keterlambatan datang bulan melewati 10 hari, maka ada baiknya untuk melakukan test pack, yang dapat diulang kembali satu minggu kemudian, jika masih kunjung tidak haid. Apabila hasil test pack negatif tetapi dalam 3 bulan tidak haid, periksakanlah diri Anda ke dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil palsu merupakan gangguan psikologis

Penyebab Kehamilan Palsu yang Sering Membingungkan Orang-orang

Hamil palsu adalah kondisi seorang yang wanita merasakan adanya bayi saat mereka tidak sedang mengandung. Hal ini umumnya terjadi karena masalah psikologis.