25 Dec 2020, 12:41Kulit & Kelamin

Bagiamana cara penggunaan salap moderma untuk bekas luka bakar ?

RR
Info Penanya: RR, Wanita, 14 Tahun
dok, saya mencoba memakai mederma untuk menghilangkan bekas luka bakar lama saya yang lumayan panjang dan lebar. kira2 jika dipakai sekali sehari proses penghilang bekas luka bakarnya berapa lama dok?
240 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Luka pada kulit baik karena luka bakar, luka terbuka, bekas garukan, luka lecet, ataupun luka yang terinfeksi dapat meninggalkan bekas luka pada kulit berupa jaringan parut (keloid) atau kulit bekas luka terlihat lebih hitam atau lebih putih dari kulit sekitarnya. Hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri, terlebih bekas luka yang besar dan di area tertentu seperti wajah.

Cara menghilangkan bekas luka bakar yang panjang dan lebar

Luka bakar akan menyebabkan kerusakan kulit dan saraf sesuai dengan tingkat keparahan dan luas dari luka bakar tersebut. Semakin luas luka bakar yang terjadi, maka semakin besar pula kerusakan kulit dan saraf yang ditimbulkan. Ada beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar yang panjang dan lebar, antara lain :
  • Mengoleskan madu secara teratur 1 kali dalam sehari pada bekas luka dapat memperbaiki sel kulit Anda, sehingga bekas luka segera memudar.
  • Proses pengelupasan kulit dengan teknik peeling oleh dokter spesialis kulit dapat menghilangkan bekas luka dan membuat warna kulit sama kembali.
  • Terapi laser juga bermanfaat untu menghilangkan bekas luka.
  • Menggunakan pelembab untuk kulit agar kulit tidak kering dan iritasi.
  • Minum yang cukup dan konsumsi makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur untuk kesehatan kulit Anda.
  • Konsumsi vitamin E dengan dosis 1 x 1 caplet setelah makan.
  • Penggunaan salap yang mengandung corticosteroid, retinoid, bacitracin, silver sulfadiazine maupun salap dengan kandungan bahan alami lainnya.

Bagiamana cara penggunaan salap moderma untuk bekas luka bakar ?

Salap moderma yang berfunsi untuk menghilangkan bekas luka bakar dapat digunakan dengan cara mengoleskan salap pada bekas luka bakar sebanyak 2 kali dalam sehari secara tipis-tipis dan lembut. Penggunaan salap ini selama 3 hingga 6 bulan tergantung besarnya bekas luka, konsumsi makanan bergizi untuk penyembuhan kulit, maupun jenis kulit Anda.konsultasi ke dokter spesialis kulit jika keluhan bekas luka terasa gatal, semakin melebar, dan membuat rasa tidak nyaman di diri Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
luka bakarpenyembuhan lukakeloid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil