07 Nov 2021, 21:52Kandungan

Apakah KIS bisa digunakan untuk persalinan kedua?

RD
Info Penanya: RD0
Halo saya mau cerita ni 2 tahun lalu saya melahirkan secara SC memakai kis dan itu gratis dan sekrang saya sedang hamil lagi ank ke 2 usia kandungn 6 buln apakah kartu kis atau BPJS masih bisa di gunakan ??
92 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, RTerima kasih atas pertanyaannya.KIS adalah kartu yang dikeluarkan oleh BPJS sebagai upaya dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia secara merata.  KIS ini dapat digunakan dari mulai umum, spesialistik, imunisasi, kehamilan, hingga persalinan dengan aturan yang sudah ditentukan.  Sehingga untuk dapat memakai KIS atau BPJS ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi. 

Syarat KIS atau BPJS bisa digunakan :

  • Masih dalam keadaan aktif. Jika KIS PBI atau yang tertanggung pemerintah maka perlu dipastikan apakah masih dalam kategori PBI atau sudah dicabut.  
  • Jika termasuk pada KIS mandiri atau iuran perbulan maka pastikan tidak ada denda iuran yang belum terbayar.
  • Tidak ada data yang berubah antara data di KIS dan data KK atau KTP. 
KIS atau BPJS untuk kehamilan dan persalinan masih dapat menanggung hingga anak ke-3 untuk itu karena masih belum mendekati persalinan ada baiknya sudah diurus dari sekarang terkait apakah KIS atau BPJS ibu masih aktif atau ada yang perlu diperbaharui serta syarat-syarat yang diperlukan saat persalinan nantinya agar tidak kesulitan di saat mendekati waktu persalinan.  Anda dapat hubungi call center BPJS, lewat aplikasi mobile JKN, atau kunjungi langsung kantor BPJS terdekat untuk mengetahui KIS masih berlaku atau tidak.   Anda dapat membaca beberapa forum terkait KIS seperti berikut :Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. Farah
bpjs kesehatanbpjs ibu hamilpersalinanpeserta bpjs
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil