Melahirkan dengan kartu KIS

SU Info Penanya: SU
dok saya mau tanya istri saya hamil mau melahirkan pakai kartu kis tapi kartu kis istri saya salah tanggal lahir harus di rubah data karna ada wabah virus corona jadi ngak bisa datang kekantor bpjs apakah bisa memakai kartu kis saya atau kartu kis suami
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Kartu Indonesia Sehat adalah kartu jaminan kesehatan atau asuransi kesehatan yang dikelola olah BPJS kesehatan dimana dapat digunakan untuk pelayanan kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk penggunaan KIS hanya bisa digunakan oleh pemilik kartu tersebut dan tidak bisa dipindah tangankan, seperti jika yang berobat atau melahirkan istri tidak bisa menggunakan kartu miliki suami.

Jadi apabila saat ini ada kesalahan identitas agar bisa segera diurus, baik dengan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan.

Jika saat ini sudah menuju masa persalinan dan segera membutuhkan penanganan seperti melahirkan atau memerlukan tindakan seperti operasi caesar, maka bisa segera datang ke fasilitas kesehatan dan segera melakukan pengurusan KIS yang belum sesuai keterangan identitasnya tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Umumnya, melahirkan anak kedua lebih cepat dibandingkan dengan anak pertama

Melahirkan Anak Kedua Bisa Berlangsung Lebih Cepat, Mengapa?

Melahirkan anak kedua bisa jadi lebih cepat, bila proses persalinan sebelumnya dilakukan dengan cara normal. Jika rata-rata persalinan pertama memerlukan waktu 18 jam, melahirkan anak kedua hanya perlu sekitar 8 jam. Ini penyebabnya.