lahir dengan tangan kecil

RS Info Penanya: RS, Pria, 2019 Tahun
Mengapa kok saya lahir dengan tangan kecil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RS

Kondisi kelainan tangan yang lebih kecil disebut sebagai malformasi kongenital ekstremitas. Terdapat beberapa bentuk kelainan yang didapat sejak lahir pada tangan seperti ukuran tangan yang lebih kecil, tidak terpisahnya jari, jumlah jari yang lebih dari 5, tidak adanya lengan sebagian atau keduanya. 

Terdapat beberapa penyebab kelainan ini seperti kelainan bawaan kromosom gen yang didapat selama kehamilan pada tubuh bayi, faktor resiko lingkungan seperti bekerja dilokasi banyak polutan kimia, konsumsi obat-obatan tertentu selama kehamilan, faktor herediter atau bawaan keluarga dengan riwayat memiliki kelainan bawaan. 

Untuk tatalaksana tergantung dari jenis kelainan, pada beberapa kondisi koreksi malformasi dapat dilakukan oleh dokter Spesialis bedah plastik atau bedah Ortopaedi. Pada kondisi kelainan yang tidak bisa di koreksi, harus tetap semangat untuk memaksimalkan potensi tangan dan organ lain dalam menjalani kualitas hidup dan menciptakan kreativitas untuk menjalani kehidupan yang baik.

Salam Sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi tertentu membuat ibu hamil memerlukan tes NIPT untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Perlukah Ibu Hamil Melakukan Tes NIPT untuk Mengetahui Kelainan Kromosom Janin?

Non-invasive prenatal testing atau tes NIPT adalah pemeriksaan kehamilan yang digunakan untuk menunjukkan kelainan kromosom tertentu pada janin yang sedang berkembang. Tes ini dapat melihat kelainan kromosom pada janin.