Kutu air yang banyak muncul

IF Info Penanya: IF, Wanita
Dok, saya ada penyakit scabies yg sangat sering kambuh/muncul, sangat menyiksa sekali dg banyak muncul kutu air yg berukuran sgt kecil tp banyak sekali, apakah ada obat untuk mematikan kutu scabies secara permanen?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore IF,

Scabies adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh kutu yang menyebabkan rasa gatal yang hebat dan menimbulkan keadaan seperti bisul bisul kecil pada beberapa area tubuh.

Bagaimana bisa terkena scabies?

  1. Scabies secara langsung menyebar melalui kontak kulit - kulit dengan orang yang memiliki scabies
  2. Scabies secara tidak langsung menyebar melalui barang barang yang digunakan bersama dengan orang yang memiliki scabies seperti, handuk, kasur, selimut dan pakaian.

Gejala yang di timbulkan oleh infeksi kutu scabies?

  1. gejala utama yang sering timbul adalah rasa gatal terutama pada malam hari dan timbulnya bisul bisul pada tubuh, terutama pada bagian sela sela jari (tangan maupun kaki) tetapi dapat juga timbul pada area tubuh yang lain.
  2. pada anak-anak keluhan biasanya timbul pada daerah kepala, leher dan area-area lipatan tubuh.
  3. orang yang terinfeksi kutu scabies biasanya akan merasakan gejala 2-6 minggu saat kutu menginfeksi kulit. 

Bagaimana cara mengobati scabies ?

Untuk memastikan apakah benar scabies atau bukan, butuh pemeriksaan secara langsung dengan berkonsultasi langsung dengan dokter.

  1. Scabies diobati dengan memberikan obat topikal atau berupa salep yang akan membunuh kutu scabies tersebut, yang tersedia melalui resep dokter
  2. pengobatan scabies tidak hanya pada penderita scabies saja, namun juga orang-orang yang berhubungan kontak secara langsung dengan penderita. alat-alat yang digunakan bersama sebaiknya harus di dekontaminasi. agar tidak terjadi circle infection.

Bagaimana cara mencegah terjadinya scabies ?

  1. mencegah kontak langsung dengan penderita scabies
  2. tidak memakai barang yang sama yang digunakan penderita scabies
  3. jika menggunakan barang yang sama, selalu cuci dan jemur di bawah sinar matahari setiap hari untuk mematikan kutu yang ada pada benda tersebut.

Berikut artikel yang tersedia mengenai scabies.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski befungsi untuk melindungi tubuh, bisa saja kulit mengalami penyakit seperti jerawat dan bisul

Mengenali Anatomi Kulit yang Ternyata Memiliki Begitu Banyak Fungsi

Anatomi kulit terdiri dari tiga lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing bagi tubuh. Sebagai organ tubuh paling besar yang melindungi bagian dalam tubuh, kulit harus dijaga kesehatannya, terutama mencegah penyakit-penyakit yang biasa menyerang kulit.