13 Feb 2021, 12:09Kulit & Kelamin

Kutu air apa obatnya?

LR
Info Penanya: LR0
Dok saya menderita kutu air. Sudah saya beri obat supertetra, lalu kulitnya mengelupas dan saya lepas menggunakan cotton bud. Setelah kulit mengelupas itu saya beri lagi supertetra tapi selalu bengkak dan sakit sekali dok, ada saran yg terbaik doo untuk sakit saya?
1537 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam LR,Super tetra adalah salah satu antibiotik yang seringkali digunakan karena dianggap dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Obat ini mengandung antibiotik Tetracycline namun bukan berarti dapat menyembuhkan segala penyakit. Bila penyebab gatal-gatal yang Anda alami kutu air atau infeksi jamur maka penggunaan antibiotik tentu tidak akan menyembuhkan penyakit Anda.

Bila memang benar gatal-gatal yang Anda alami disebabkan oleh kutu air maka yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Jaga kebersihan kulit Anda dan pastikan kulit Anda dalam kondisi kering. Setiap kali selesai cuci tangan atau cuci kaki perlu dilap kering agar tidak lembap. Karena kondisi kaki yang lembap akan menyebabkan jamur berkembang biak.
  • Oleskan salep ketoconazole setiap hari 2 kali pagi dan sore. Pastikan untuk membersihkan kulit Anda sebelum mengoleskan salepnya.
  • Minum chlorpheniramin maleat untuk meredakan gatalnya.
  • Bagian yang gatal dikompres dengan es batu, jangan digaruk secara berlebihan agar kulit tidak lecet.
Bila keluhan tidak membaik, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut. Hentikan pemakaian antibiotik secara sembarangan.Salam sehat,dr. Vina
gatalinfeksi jamurkudis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil