28 Dec 2020, 00:32Kulit & Kelamin

Kutil kelamin, apakah bisa sembuh?

S
Info Penanya: S, Pria, 32 Tahun
Saya mau nanya, apakah kutil kelamin bisa sembuh? Apakah obat (pil/krim) yg bisa dipakai dan dilakukan sendiri di rumah?
842 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaKutil kelamin adalah kedaan munculnya benjolan pada kelamin dan area sekitarnya yang yang bisa ditularkan melalui hubungan seksual, karena kutil kelamin merupakan alah satu penyakit menular seksual. Pada kulit kelamin yang tidak menimbulkan gejala yang menggangu, maka bisa sembuh dengan sendiri. Tetapi, pada kondisi tertentu yang menimbulkan gejala yang menggangu, kutil kelamin memerlukan pengobatan oleh dokter. 

Beberapa gejala pada kutil kelamin di antaranya adalah:

  • Muncul benjolan kecil-kecil (kutil) pada kelamin dan area sekitarnya
  • Terasa gatal dan tidak nyaman
  • Adanya perdarahan saat melakukan hubungan seksual
  • Segerombolan kutil kelamin akan berbentuk seperti kembang kol
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, tatalaksana dan pengobatan yang akan dilakukan untuk membantu mengatasi kutil kelamin tergantung dari kondisi kutil kelamin yang terjadi pada Anda. Pengobatan yang dilakukan bisa berupa obat oles (krim), tindakan kauterisasi, tindakan laser, atau bahkan tindakan pembedahan. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat agar Anda mendapatkan tatalaksana yang sesuai dengan kondisi kutil kelamin Anda. Hindari melakukan seks untuk sementara waktu, konsumsi makanan bergizi, dan jaga kerbersihan area genital.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
penyakit kelaminpenyakit menular seksualkutil kelamin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil