kutil dileher apakah berbahaya, bagaimana cara menghilangkan tanpa operasi

T Info Penanya: T, Wanita, 42 Tahun
Dok, apakah kutil yg tumbuh disekitar leher berbahaya? Bagaimana cara menghilangkan tanpa harus operasi. Apakah obat "detocid" recommended utk menghilangkan kutil. Mohon advisenya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam T

Timbulnya kutil atau veruka vulgarias pada kulit disebabkan infeksi virus HPV, adanya virus ini membuat kulit menghasilkan benjolan papul tumor jinak dengan permukaan kasar dan bulat. Penyebab infeksi virus ini adalah riwayat kontak dengan seseorang yang juga memiliki kutil sebelumnya

Sampai saat ini pemilihan obat untuk menghilangkan kutil adalah menggunakan asam tricloasetat yang dapat menghilangkan lesi dan membunuh virus, namun resiko kekambuhan bisa saja terjadi karena tidak ada jaminan virus benar benar hilang. Tindakan untuk menghilangkan kutil yang juga sama amannya adalah menggunakan cauter electric, tindakan ini dapat membakar kutil dan menghilangkan virus melalui efek listrik panasnya. 

Saya sarankan agar anda menjaga kebersihan kulit, jangan memanipulasi kutil dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit (Sp.KK) 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan kutil kelamin antara lain bisa dilakukan dengan menggunakan gel lidah buaya.

5 Cara Menghilangkan Kutil Kelamin dengan Bahan Alami

Jangan buru-buru menggunakan obat-obatan untuk mengatasi kutil kelamin. Sebab, ada sederetan bahan alami yang bisa Anda coba sebagai cara menghilangkan kutil kelamin. Salah satunya adalah bawang putih, si bumbu dapur yang mudah dijumpai.