20 Jun 2020, 21:58Kulit & Kelamin

Bagaimana gejala penyakit kusta?

S
Info Penanya: S, Pria, 21 Tahun
Selamat malam dok, Saya ingin bertanya mengenai masalah kulit saya akibat lepra. Sebelumnya saya sudah menjalani pengobatan MDT selama setahun dan sudah cek lab. kalau bakteri negatif. Tetapi mengapa bercak putih nya semakin banyak bermunculan sampai ke daerah muka dok? Dan bercak putih juga semakin melebar melewati batas tepi. Apakah ini normal terjadi pada kebanyakan orang yang mengalami penyakit kusta dok? Terima kasih.
7155 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore SU,Terimakasih atas pertanyaan Anda diSehatQ.Kusta atau lepra merupakan penyakit infeksi bakteri kronis yang menyerang jaringan kulit, saraf tepi, serta saluran pernapasan. Kusta dan lepra juga biasa disebut dengan penyakit Hansen atau Morbus Hansen. Kusta atau lepra disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Bakteri ini dapat menular dari saluran pernapasan (droplet), yaitu ludah atau dahak, yang keluar saat batuk atau bersin.

Gejala dari kusta :

  • Mati rasa di kulit, kehilangan kemampuan merasakan suhu, sentuhan, tekanan, atau rasa sakit
  • Lesi pucat, berwarna lebih terang, dan menebal di kulit
  • Luka tapi tidak terasa sakit
  • Pembesaran saraf yang biasa terjadi di siku dan lutut
  • Otot melemah, terutama otot kaki dan tangan
  • Kehilangan alis dan bulu mata
  • Mata menjadi kering
Pengobatan kusta atau lepra biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk mengurangi keluhan yang dialami. Untuk pencegahan kusta, sampai saat ini belum di temukan vaksinnya. Sehingga sebaiknya menghindari kontak dengan pasien dan hewan pembawa bakteri kusta juga penting untuk mencegah kusta. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat berkonsultasi ke dokter kulit dan kelamin.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penyakit kulitkustalepra
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil