Kuret dan dipasang IUD lalu timbul flek

NA Info Penanya: NA, Wanita, 28 Tahun
Dok saya ingin bertanya 1bln yang lalu saya kuret dan pasang IUD setelah itu 2minggu stelah kuret flek2 timbul kemudian tanggal 21 april saya haid tapi banyak sampe hari ni haid saya banyak dan sering sakit di bagian bawah perut apa itu wajar dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NA,

Adanya flek perdarahan setelah pemasangan KB bisa disebabkan oleh beberapa hal bisa karena masa nifas setelah keguguran ataupun bisa adanya masalah hormonal dan ketidakcocokan pada metode kontrasepsi.

Apabila perdarahan lebih sering dan keluar lebih dari 7 hari, maka perlu diperhatikan. JIka tidak juga berhenti dan tetap deras maka perlu diperiksakan dan dipertimbangkan untuk dilakukan tindakan misalnya melepas IUD atau KB spiral dan mengganti dengan metode kontrsepsi lain.

Metode kontrasepsi lain seperti misalnya:

Nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui apa yang jadi penyebab timbulnya perdarahan dan bisa diberikan obat penghenti perdarahan baik yang sifatnya hormonal ataupun nonhormonal.

Jika timbul pusing, pucat, terasa lemas dan pusing bisa menjadi tanda terjadinya anemia atau kekurangan darah. Upayakan perbanyak minum air putih dan bisa mengonsumsi vitamin B12, asam folat dan zat besi untuk membantu menambah darah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB harus dikonsumsi sesuai dengan intruksi yang tepat

Jangan Salah, Ini Cara Minum Pil KB yang Benar

Pil KB adalah salah satu solusi yang sering dipilih untuk menghindari kehamilan. Namun tidak sembarangan, pil KB harus dikonsumsi dengan cara yang benar.