Bagaimana cara mengatasi kurap?

IA Info Penanya: IA, Pria, 17 Tahun
Assalamualaikum dokter mau tanya, di selangkangan saya menghitam dan sering terjadi gatal gatal, cara mengatasinya gimana dok? Dan obatnya apa? Saya sudah lama mengalaminya.. Saya berharap sekali ingin sembuh total dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IA,

Kurap atau infeksi jamur adalah salah satu masalah kulit yang sering timbul. Kondisi kebersihan yang kurang terjaga, area yang lembap, aktivitas fisik yang tinggi, sering berkeringat, berat badan berlebih dan lainnya.

Jika mengalami infeksi kulit akibat jamur atau disebut juga dengan istilah tinea korporis atau kurap maka perlu dipastikan terlebih dahulu pada dokter bahwa infeksi tersebut merupakan infeksi jamur. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan kerokan kulit, pemeriksaan di bawah lampu khusus dan lainnya. Jika benar infeksi kulit maka akan dilakukan pemberian obat antijamur baik obat minum dan obat oles yang perlu digunakan minimal selama 2 minggu dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Untuk itu jika saat ini masih mengalam gatal-gatal dan ada ruam perlu periksakan pada dokter atau dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Upayakan menjaga kebersihan diri, ganti pakaian tiap kali berkeringat, mandi teratur, upayakan berada ditempat sejuk dan tidak lembap, serta bisa gunakan pakaian yang menyerap keringat sehingga tidak basah dan memicu ruam kulit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh IA
08 Mar 2020, 20:16
Assalamualaikum dok, Dok tetapi saya malu kalo mau konsultasi langsung dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Atasi vagina gatal akibat infeksi jamur menggunakan yogurt

Infeksi Jamur Vagina: Perawatan dan Pencegahannya

Vagina gatal, berbau, dan tidak nyaman akibat infeksi jamur vagina dapat diatasi dengan mengonsumsi yogurt untuk perawatan dari dalam, bakteri baik (probiotik) dapat membantu membasmi jamur pada miss V.