Apa penyebab perut sakit dan mau muntah?

AH Info Penanya: AH, Pria, 1 Tahun
gejala apa 1.badan lemes 2.makan banyak ngk bisa3.kalau bejalan perut terasa sakit4.kadang mau muntah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AH,

Sakit perut bisa timbul karena beragam penyebab mulai dari gangguan saluran pencernaan, penyakit asam lambung, penyakit maag, infeksi saluran pencernaan ataupun gangguan pada organ di dalam rongga perut seperti gangguan hati, gangguan ginjal, dan lainnya.

Untuk itu perlu perhatikan di area mana sakit perut timbul dan apa pemicunya. Sakit perut juga bisa timbul disertai keluhan lain seperti mual, muntah, demam, diare ataupun keluhan lain. Untuk sementara bisa perbaiki pola makan dengan makan lebih teratur, hindari makanan yang mengiritasi saluran cerna dan bisa konsumsi antasida sebelum makan.

Perbanyak minum air putih, makan-makanan bernutrisi dan bisa periksakan diri pada dokter untuk memastikan penyebabnya. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Jika nyeri perut hebat terutama di kanan bawah, demam, diare, muntah, dan sakit tiba-tiba maka perlu segera ke rumah sakit karena bisa juga dipicu oleh peradangan usus buntu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat cacing sangat efektif untuk mengobati cacingan, asal sesuai dengan jenis cacing yang memicu infeksi

Minum Obat Cacing untuk Obati dan Cegah Cacingan

Penyakit cacingan masih cukup banyak pengidapnya di Indonesia. Kondisi ini sebaiknya segera ditangani karena bisa menyebabkan kurang gizi dan komplikasi lainnya. Mengonsumsi obat cacing adalah langkah yang sangat efektif untuk mengatasi cacingan. Bisa dilakukan untuk membasmi cacing dalam usus maupun sebagai langkah pencegahan cacingan.