Kuping kemasukan kapas apa dampaknya?

PO Info Penanya: PO
Assalamualaikum dok, mao tanya dulu waktu umur 17thn saya ngerasa dikuping saya kemasukan kapas dan ga bisa keluar.. Dlu saya ga terlalu rasa kan apa-apa tapi malah sekarang disaat umur saya 26 tahun kuping saya sakit sekali dan suka budek kuping saya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PO,

Kuping merupakan saluran kecil yang meskipun sudah dilindungi oleh rambut-rambut halus di dalam telinga sebagai usaha mencegah debu atau kotoran lain masuk, namun masih tetap dapat kemasukan air, atau kapas/ cotton bud ketika membersihkan telinga. Bila hal ini dibiarkan maka tentunya lama-kelamaan bisa timbul infeksi pada telinga berupa keluhan nyeri telinga, telinga berdenging, keluar cairan dari telinga hingga gangguan pendengaran.

Pada kasus Anda dimana muncul keluhan nyeri telinga merupakan pertanda sedang terjadi infeksi di dalam telinga Anda, terlepas penyebabnya kapas yang sudah tertinggal bertahun-tahun atau adanya infeksi bakteri lain. Yang perlu Anda lakukan adalah segera melakukan pemeriksaan ke dokter THT untuk memastikan penyebabnya dan mendapat pengobatan yang tepat.

Selanjutnya sebisa mungkin/ lebih berhati-hati bila membersihkan telinga dengan cotton bud, karena sebenarnya telinga tidak perlu dikorek-korek, kotoran akan keluar dengan sendirinya ketika sedang mengunyah, berbicara. Bila telinga tampak sangat kotor, Anda bisa membersihkan telinga dengan aman sesuai dengan artikel berikut ini.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mekanisme kerja antibiotik adalah menghentikan bakteri berkembang biak sekaligus menghancurkannya

Bagaimana Mekanisme Kerja Antibiotik Agar Ampuh Lawan Bakteri?

Sebelum minum antibiotik, pastikan infeksi yang dialami memang disebabkan karena bakteri. Mekanisme kerja antibiotik bisa saja gagal membunuh bakteri apabila tubuh seseorang mengalami resistensi.