Apa mungkin masih bisa menyebabkan kehamilan?

DJ Info Penanya: DJ, Pria, 1 Tahun
Selamat siang dok, saya ingin bertanya, Apakah wanita yg perawan, apabila sperma terkena perut dan sudah terlap oleh baju yg di pakai wanita itu, lalu dia bawa mandi, pertanyaan nya? Masih bisa kah sperma itu mengalir ke rahim dan menyebab kan hamil, terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DJ,

Perawan adalah suatu pengertian bahwa seorang wanita belum pernah berhubungan seksual, bukan melihat utuh tidaknya selaput dara. Karena selaput dara bisa saja robek meskipun belum pernah berhubungan seksual, misal selaput dara bisa robek dikarenakan terjatuh dari sepeda atau terjatuh dari kuda, atau trauma keras lainnya yang mengakibatkan benturan pada area kelamin.

Untuk terjadinya kehamilan, diperlukan pertemuan antara sperma dengan sel telur di dalam rahim. Hal ini bisa terjadi bila Anda melakukan penetrasi ke vagina atau terlambat menarik penis ketika melakukan coitus interuptus atau ada cairan praejakulasi yang tidak sengaja masuk ke dalam vagina ketika Anda petting dengan pasangan.

Berdasarkan cerita Anda, sepertinya sangat kecil kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. Namun, sebaiknya Anda menggunakan kondom atau jangan berhubungan seksual bila Anda belum siap bila pacarnya hamil, karena memakai kondompun tidak menjamin 100% tidak hamil, karena tetap ada kemungkinan kondom bocor dan sperma masuk ke dalam rahim bila Anda melakukan penetrasi. Akan menimbulkan masalah besar bila pacarnya sampai hamil namun belum menikah. Selain kehamilan, bisa menimbulkan penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, sifilis, dll bila Anda berhubungan seksual dengan sembarangan orang dan berganti-ganti pasangan.

Bila pacar Anda sampai terlambat haid, sebaiknya pacar Anda melakukan pemeriksaan test pack untuk memastikan sedang hamil atau tidak. Test pack bisa dilakukan 1 minggu setelah terlambat haid.

Salam sehat,

dr. Vna

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh JL
08 Jan 2020, 12:54
Dok nafas sya sering sesak bagian dada belakang dada luati sering sakit dok. Jika beraktifitas mudah lelah nagas tesengal2 dok? Ap kan it gejalan jantung?

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.