Apakah penyakit menular seksual bisa sembuh sendiri?

NB Info Penanya: NB, Pria, 1 Tahun
Dok kalo caitan kuning di penis dibiarin bisa sembuh gak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NB.

Cairan kuning yang keluar dari penis paling sering disebabkan oleh penyakit menular seksual, yang terjadi ketika seseorang melakukan hubungan intim berisiko tanpa alat pengaman (kondom). Ada berbagai jenis penyakit menular seksual, yang bisa disebabkan oleh virus ataupun bakteri.

Penyakit menular seksual seringkali menyebabkan gejala lain, seperti rasa nyeri dan panas saat buang air kecil. Cairan yang dihasilkan juga tidak selalu kekuningan, kadang ada yang putih maupun kehijauan.

Terkait pertanyaan Anda, bisa atau tidaknya sembuh sendiri tergantung dari penyebabnya. Apabila penyebabnya adalah bakteri (seperti gonore dan klamidia), maka biasanya dibutuhkan antibiotik untuk penanganannya. Apabila disebabkan oleh virus (seperti herpes genital), maka dapat sembuh sendiri sementara dengan kekebalan tubuh yang kuat, dan bisa kembali kambuh saat kekebalan tubuh melemah.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan. Nantinya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya.

Selain itu, hindari juga melakukan hubungan seks berisiko atau gonta-ganti pasangan. Apabila tidak dapat dihindari, gunakan kondom, ya. Juga, selalulah jaga kebersihan penis dan pastikan tidak dalam kondisi terlalu lembab, dengan menggunakan celana dalam berbahan menyerap keringat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pencegahan gonore dapat dilakukan dengan penggunaan kondom

5 Langkah Pencegahan Penyakit Gonore untuk Hindari Infeksi Kelamin Ini

Pencegahan penyakit gonore berakar pada satu langkah, yakni setia pada satu pasangan. Apabila akan berhubungan seks dengan pasangan yang belum jelas riwayat kesehatannya, Anda dan pasangan sebaiknya menjalani pemeriksaan terlebih dahulu. Kondom juga perlu digunakan demi mencegah beragam jenis infeksi menular seksual.