logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo

Kulit & Kelamin

Apakah penyakit menular seksual bisa sembuh sendiri?

7 Agt 2020, 20:50

NB

Info Penanya: NB, Pria, 1 Tahun

Dok kalo caitan kuning di penis dibiarin bisa sembuh gak?

Dilihat 16203

5 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Sylvia V

(1)

Selamat pagi, NB.

Cairan kuning yang keluar dari penis paling sering disebabkan oleh penyakit menular seksual, yang terjadi ketika seseorang melakukan hubungan intim berisiko tanpa alat pengaman (kondom). Ada berbagai jenis penyakit menular seksual, yang bisa disebabkan oleh virus ataupun bakteri.

Penyakit menular seksual seringkali menyebabkan gejala lain, seperti rasa nyeri dan panas saat buang air kecil. Cairan yang dihasilkan juga tidak selalu kekuningan, kadang ada yang putih maupun kehijauan.

Terkait pertanyaan Anda, bisa atau tidaknya sembuh sendiri tergantung dari penyebabnya. Apabila penyebabnya adalah bakteri (seperti gonore dan klamidia), maka biasanya dibutuhkan antibiotik untuk penanganannya. Apabila disebabkan oleh virus (seperti herpes genital), maka dapat sembuh sendiri sementara dengan kekebalan tubuh yang kuat, dan bisa kembali kambuh saat kekebalan tubuh melemah.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan. Nantinya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya.

Selain itu, hindari juga melakukan hubungan seks berisiko atau gonta-ganti pasangan. Apabila tidak dapat dihindari, gunakan kondom, ya. Juga, selalulah jaga kebersihan penis dan pastikan tidak dalam kondisi terlalu lembab, dengan menggunakan celana dalam berbahan menyerap keringat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

penyakit menular seksualgonorrheainfeksi menular seksual

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Dikomentari oleh

JA

15 Mei 2021, 04:43:35

Adakah obat alami dok

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Farahdissa

15 Mei 2021, 15:01:05

Selamat siang JA, cara alami dilakukan bila memang keluhan dikarenakan faktor kebersihan yang kurang terjaga sehingga dengan jaga kebershihan kelamin, perbanyak air putih, hindari aktivitas seksual bebas, serta hindari menahan buang air kecil dapat membantu namun jika dikarenakan infeksi maka perlu pemeriksaan oleh dokter urologi untuk penanganan lanjutan. Salam sehat.

Dikomentari oleh

F0

19 Mei 2022, 23:10:12

mau nnya dok saya pernah berhubungan intim dengan pelacur namun sudah 1 bulan ini belum ada timbul gejala apapun apakah saya tidak tertular imp/pms dok?

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Denny Sutanto

20 Mei 2022, 23:12:13

Selamat maalm F0. Pada infeksi terdapat masa inkubasi, dan beberapa infeksi menular seksual memiliki masa inkubasi yang cukup lama dimana gejala dapat muncul setelah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun setelah paparan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari hubungan seksual yang beresiko. Penggunaan kondom dan tidak berganti-ganti pasangan dapat mencegah penularan infeksi menular seksual ini. Perlu diwaspadai juga penularan HIV/AIDS akibat hubungan seksual yang beresiko. Semoga bermanfaat!

Dikomentari oleh

F0

22 Mei 2022, 20:48:50

mau nnya dok apakah sebelum masa inkubasi penyakit ims/ips timbul,bisakah di cegah atau disembuhkan sebelum tanda tanda penyakit ims/ips itu muncul dok?

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Denny Sutanto

23 Mei 2022, 22:46:01

Selamat malam F0. Selama masa inkubasi, tidak ada tanda dan gejala yang Anda alami. Biasanya lebih disarankan untuk mencegah dengan mengurangi paparan terhadap penyakit ims dengan tidak melakukan seks bebas ataupun aktivitas seksual beresiko, menggunakan kondom saat berhubungan seks, menjaga kebersihan organ intim, lakukan tes skrining penyakit menular seksual. Apabila hasil tes positif, segera konsultasikan ke dokter kulit dan kelamin untuk mendapat pengobatan yang tepat. Salam sehat!

Dikomentari oleh

GI

25 Jul 2022, 03:35:05

Dok saya kencing nanah apakah bisa hilng dengan sendirinya?

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Farahdissa

25 Jul 2022, 23:11:00

Selamat malam G, kencing nanah adalah indikasi adanya infeksi pada organ reproduksi atau saluran kemih sehingga harus diobati agar tidak semakin parah jika dibiarkan tanpa penanganan lanjutan. Segera periksa ke dokter spesialis urologi untuk penanganan sesuai penyebab kencing nanah anda. Salam sehat.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved