Kuning saat pengobatan TBC

P Info Penanya: P, Pria, 36 Tahun
Dok saya positif TBC,,, tapi mata saya kuning sampai muka juga kadang-kadang kuning sehingga pengobatan TBC belum bisa dijalankan.. Yang saya tanyakan apakah semakin lama TBC saya makin parah dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi P,

TBC adalah penyakit paru paru yang dapat menular melalui batuk dan bersin.

Pengobatan TBC menggunakan bebereapa regimen obat yaitu isoniazid, rifampisin, etambutol, pirazinamid. Pengobatan TBC membutuhkan waktu 6 bulan - 9 bulan. Efek samping dari obat TBC adalah mual, muntah, menurunnya nafsu makan, urin gelap, warna kuning pad akulit, demam.

Warna kuning pada kulit disebabkan karenan efek samping dari obat tersebut. Sebaiknya stop dahulu obat TBC dan periksakan fungsi hati. Periksakan kembali ke dokter untuk evaluasi pengobatan TBCnya. Sebaiknya pengobatan TBC rutin agar penyakit tidak bertambah parah.

 

Salam Sehat,

dr. Joane Rorimpandey

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala radang paru-paru atau Kanker Paru yang berkepanjangan bisa mengindikasikan adanya penyakit lain

Apa Perbedaan Gejala Radang Paru-Paru dengan Kanker Paru?

Gejala radang paru-paru yang terlihat adalah batuk berdahak, demam, berkeringat, menggigil, rasa sakit di dada saat bernapas atau batuk, mual, muntah, diare, sesak napas, dan kelelahan. Gejala ini dapat dicegah dengan tidak merokok, mengecek kadar radon, diet dan olahraga.