Kumur air garam untuk membunuh virus corona, benarkah?

IS Info Penanya: IS
Dok, saya sudah lama bergantung pada air garam untuk mencegah infeksi saat ada luka dan berkumur untuk membunuh bakteri dalam mulut. Nah, saya penasaran dok, apakah air garam memiliki tingkat efektivitas yang sama untuk membunuh virus corona?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IS,

Virus corona atau COVID-19 adalah virus yang menginfeksi saluran pernapasan dan tengah menjadi pandemi di dunia saat ini. Karena maraknya infeksi virus ini, jadi bermunculan banyak informasi-informasi alternatif untuk bisa mencegah atau mengatasi infeksi corona.

Salah satunya adalah penggunaan air garam baik untuk berkumur ataupun mencuci hidung. Untuk air garam sendiri menurut World Health Organization tidak terbukti memberikan perlindungan pada infeksi virus.

Saat ini yang efektif untuk membunuh kuman adalah:

  • Sabun
  • Bahan disinfektan
  • Alkohol minimal 70% (termasuk handsanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70%)
  • Antiseptik lainnya

Untuk itu guna mencegah infeksi corona, tetap ikuti anjuran seperti hindari aktivitas keluar rumah jika tidak urgent, lakukan social distancing, menjaga daya tahan tubuh dengan cukup beristirahat, mengonsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan tubuh, olahraga teratur dan lakukan perilaku hidup bersih dan sehat terutama mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Hindari menyentuh wajah terutama mata, hidung dan mulut apabila belum mencuci tangan, bersihkan juga barang-barang yang sering terpapar seperti misalnya handphone. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain gigitan anjing, ada gigitan hewan lainnya yang menjadi penyebab rabies

Benarkah Gigitan Anjing adalah Penyebab Rabies?

Gigitan anjing seringkali dituding sebagai penyebab rabies, tetapi faktanya, rabies diakibatkan oleh infeksi virus rabies yang terdapat dalam air liur anjing yang menderita rabies. Tidak hanya anjing, rakun, kelelawar, dan beberapa hewan lainnya juga bisa menularkan virus rabies kepada Anda.