Kulit wajah terasa kering, mengelupas dan panas. Apakah efek dari krim tersebut?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 18 Tahun
Selamat malam dokter, saya mau tanya. Beberapa hari ini saya merasa kulit wajah saya terasa kering, mengelupas dan kadang terasa panas seperti terbakar padahal saya menggunakan krim sesuai dengan resep dokter. Apakah memang itu adalah efek samping dari krim tersebut atau saya harus menghentikan pemakaian krim?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kemungkinan besar memang efek dari salepnya. Biasanya dianjurkan untuk menghindari paparan langsung dengan sinar matahari. Pada penggunaan produk kecantikan, reaksi yang bisa timbul adalah iritasi kulit yang terasa panas, perih, nyeri dan kemerahan. Terutama bila pada dasarnya kulit Anda kering. Bila Anda ada riwayat alergi dan ternyata alergi terhadap kandungan produk tersebut bisa sampai bengkak, melepuh dan gatal.

Sebaiknya kontrol kembali dengan dokter Anda untuk mendapatkan informasi dan arahan lebih detil tentang cara pemakaiannya, apa yang harus dihindari serta bagaimana langkah selanjutnya bila terjadi iritasi. Karena ada juga salep yang tujuannya untuk peeling (pengelupasan) dan memberi reaksi tersebut. Berikut saya lampirkan artikel mengenai kulit sensitif dan produk yang perlu diperhatikan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan wajah seperti menggunakan masker dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pori-pori besar

Ingin Kecilkan Pori? Ini Dia Masker untuk Pori-Pori Besar

Ketika pori-pori di wajah semakin terlihat jelas, itu saatnya mencoba membuat masker untuk pori-pori besar. Mudah, murah, dan efektif jika rutin dilakukan.