Kulit wajah setelah cuci muka menjadi pucat dan abu-abu. Kenapa penyebabnya?

KC Info Penanya: KC, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya... Kenapa kulit wajah saya kalo habis di cuci pakai sabun muka atau cuci dengan air biasa, kulit wajah saya berwarna abu abu, pucat begitu ya?. Samapai teman saya bilang kalo aku habis pakai bedak.. Padahal tidak, saya laki laki dok.. Memang,kulit saya agak gelap dikit.. Dan saya ingin memutihkan nya, tetapi hasil nya malah seperti keterangan di atas.. Tolong bantu dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KC

Terima kasih atas pertanyaannya.

Penyebabnya akibat zat aktif pada pembersih wajah anda yang memang bertujuan memberi efek bleaching (pemutih) tapi bisa juga karena kulit anda sensitif terhadap zat tersebut sehingga menjadi suatu eksim. Tampilan kulit menjadi kering, teriritasi dan bisa sampai mengelupas. 

Selain produk pembersih wajah, produk rambut atau minyak wangi juga bisa memberi reaksi kulit pada wajah, kepala dan leher. Begitu juga perhiasan dapat mengakibatkan masalah kulit dan gatal. Zat yang bersifat iritasi tersebut merusak lapisan permukaan kulit anda, pada kasus berat akan kemerahan, bengkak, bersisik, berkerak atau menebal. Bila pembersih wajahnya baru saja anda gunakan sebaiknya anda stop, kemudian untuk mengatasinya dapat konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Spesialis Kulit untuk memastikan penyebab kondisi kulit anda.

Anda dapat membaca artikel penyebab kelainan warna kulit untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pilihlah sunscreen dengan minimal SPF 30

Hindari Keriput dan Penuaan Dini Hanya dengan Menggunakan Sunscreen!

Penggunaan sunscreen dapat mencegah keriput dan kanker kulit. Namun, sunscreen harus digunakan secara tipis-tipis dan merata. Salah satu tips menggunakan sunscreen adalah memilih sunscreen minimal SPF 30.