kulit terkena minyak panas, dan cara menghilangkan bekas

AM Info Penanya: AM, Pria, 2019 Tahun
Kulit Ter kenak minyak panas. Supaya bekas ny hilang bagaimana?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AM

Kulit yang terkena minyak panas dapat memicu luka bakar, tingkat kerusakan kulit tergantung derajatnya dan luasnya luka, jika sampai merusak lapisan kulit paling dalam maka dapat menimbulkan sisa bekas luka/scar yang buruk. 

Untuk tatalaksana pada awalnya luka harus dibersihkan dengan air untuk menghilangkan efek panas, jika luka bakar luas maka harus mendapatkan resusitasi cairan infus untuk mencegah dehidrasi di instalasi gawat darurat dan pusat luka bakar. Selanjutnya luka dapat ditutup dengan krim silver sulfadiazin dan kompres basah. Tindakan secara operatif mungkin dipertimbangkan.

Jika luka bakar terkena minyak panas ringan maka yang harus dilakukan adalah membersihkan dengan air mengalir, melakukan kompres basah dengan cairan Nacl 0,9%, selanjutnya dapat diberikan salep yang mengandung antibiotik untuk mencegah infeksi. Beberapa salep yang mengandung ekstrak plasenta, vitamin e dan pelembab dapat membantu menghilangkan luka bakar. 

Apabila luka bakar meninggalkan bekas luka/scar yang berat mungkin rekontruksi bedah oleh dokter spesialis bedah plastik (Sp.BP) dapat dipertimbangkan. 

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bekas luka tidak dapat hilang sepenuhnya, namun ada cara yang dapat memudarkannya

4 Metode Penghilang Luka Bakar yang Efektif untuk Anda

Bekas luka tidak dapat hilang sepenuhnya, namun ada cara yang dapat memudarkannya. Perawatan untuk bekas luka bakar terdiri atas empat metode, yaitu dengan krim, prosedur tanpa operasi, laser, dan operasi.