Kulit sensitif, bagaimana perawatan kulit yang cocok?

DV Info Penanya: DV, Wanita
Dok,mau tanyaKulit saya ini kan sensitiveDan pakai skincare kemaren gak cocokKarna badan aku panas terasanya seperti kebakar terus muncul titik merah segarisTerus juga sedikit munc merah di tanganBadanku sampai sekarang masih terasa panas,gimana cara penyelesaiannya ya?DanNah mau tau kandungan apa yang gak cocok sama kulit kita gmn ya?Dan ada rekomendasi produk skin care untuk kulit sensitiveDan mau tanya juga,kalo umur 20 tahun udah boleh minum minuman berkolagen gak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DV,

Kulit sensitif adalah kondisi dimana kulit mudah memerah, gatal, muncul bruntus, mudah kering ataupun timbul gejala jika terkena paparan produk tertentu ataupun akibat paparan alergen.

Perawatan kulit sensitif sendiri cukup memerlukan perhatian dimana perlu melakukan pemilihan produk perawatan dengan lebih selektif.

  • Pilih produk seperti pembersih wajah, pelembap wajah, dan tabir surya serta produk kosmetik yang hypoallergenic atau ditujukan untuk kulit sensitif.
  • Pilih produk yang tidak mengandung parfume atau pewangi
  • Pilih juga produk yang tidak mengandung alkohol, asam glikolat, asam laktat ataupun pilih produk yang noncomedogenic

Jika membeli produk, Anda juga bisa mencobanya dulu pada kulit tangan sebelum mengaplikasikannya pada kulit wajah untuk mencegah reaksi alergi pada kulit wajah. Jika timbul ruam atau gejala kulit lain, periksakan diri pada dokter kulit untuk mengatasinya.

Untuk kolagen sendiri memang dipercaya baik untuk kulit dan kesehatan, tapi kolagen sendiri sebenarnya bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti lauk, buah dan sayur. Jadi tanpa asupan suplemen pun tetap mendapatkan kolagen. Jika akan mengonsumsi suplemen kolagen pastikan produknya asli dan terdaftar pada BPOM. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DV
05 Apr 2020, 11:34
Makasih dok, maaf aku mau nanya lagi dokAku kan searching tentanh minuman kolagen dan tanya2 ke penjualnyaDia bilang kalo punya penyakit lambungMinumnya 1 jam sesudah sarapan pagiJd yang punya penyakit lambung pilih minuman kolagen harus kaya gimana?Dan efeknya gimana kalo kita punya penyakit lambung tapi minum minuman berkolagen?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
05 Apr 2020, 12:41
Siang DV,

Untuk khasiat minuman kolagen sendiri belum terbukti ilmiah efek positifnya pada manusia, jadi baiknya tidak sembarangan mengonsumsi produk tersebut apalagi jika ada keluhan di pencernaan.
Karena bisa memicu efek samping seperti reaksi alergi, bau mulut dan peningkatan kadar kalsium tinggi yang bisa membuat sulit BAB, mual, muntah dan gangguan irama jantung. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Adhi P.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Flek hitam yang membandel di wajah sangat mengganggu penampilan

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Flek hitam di wajah menurunkan percaya diri Anda? Jangan putus asa! Ada cara mudah menghilangkan flek hitam di wajah. Bahannya bisa Anda temukan di dapur. Mulai dari bawang bombay hingga madu.