Kulit sawo matang apa bisa putih?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 14 Tahun
Hy dok..sya mau tanya..klo misalkan kulit sawo matang gara2 faktor genetik atau dari lahir..gak bisa putih meskipun dgn cara apapun?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Kulit sawo matang adalah salah satu ciri khas kulit orang Indonesia. Warna kulit memang dipengaruhi oleh faktor genetik, namun dengan perkembangan teknologi dan obat-obatan maka warna kulit seseorang bisa diubah asal melakukan perawatan secara berkala.

Perihal keinginan Anda mengubah warna kulit sawo matang berubah menjadi putih bisa dengan cara:

  • Rutin menggunakan masker dari bahan kentang, lidah buaya, susu atau jeruk lemon. Namun tentunya cara ini tidak serta merta mengubah warna kulit Anda menjadi putih, namun setidaknya akan tampak lebih cerah.
  • Suntikan vitamin C dosis tinggi.
  • Gunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar rumah, dan pilih SPF di atas 30 serta ulangi pemakaiannya setiap 3-4 jam sekali.
  • Gunakan produk-produk yang mengandung hydroquinone, asam glikolat, retinoid. Namun karena seringkali menimbulkan iritasi kulit, maka sebaiknya gunakan produk-produk tersebut dengan pengawasan dokter.
  • Tindakan laser.

Cara manapun yang Anda pilih, tentunya warna kulit Anda tidak bisa berubah dalam waktu cepat, dan tentunya membutuhkan proses perawatan yang berkelanjutan agar tidak kembali berwarna sawo matang. Lakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk penanganan yang terbaik.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ingin tampil cantik dan glowing ketika Hari Raya? Lakukan tips cantik saat Lebaran berikut ini

5 Tips Cantik Saat Lebaran Hanya dengan Nol Rupiah

Semua perempuan pasti ingin tampil segar dan bugar di hari raya. Wujudkan dengan tips cantik saat Lebaran yang bisa kamu lakukan tanpa harus keluar uang.