Kulit ruam merah melenting dan gatal

YV Info Penanya: YV, Wanita, 1 Tahun
Assalamu'alaikum dok. Saya mau tanya akhir akhir ini kulit saya melenting seluruh badan hanya muka saja tidak kulit saya merah dan gatal banyak yang bilang alergi dan ada juga yang bilang cacar babi. Saya sudah berobat kesana kemari dan sudah di suntik 2x tetapi sama sekali tidak ada perubahan sehingga buat saya setres
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, waalaikumusalam YV.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Ruam merah yang melenting dan gatal merupakan gejala kelainan kulit yang dapat terjadi karena berbagai faktor. Apabila disertai dengan adanya cairan bening di dalam lenting tersebut, biasanya disebakan oleh infeksi virus seperti cacar pada umumnya. Jika diserta nanah, dapat disebakan oleh infeksi bakteri ataupun kelainan kulit sebelumnya telah terinfeksi oleh jenis bakteri tertentu, hal ini disebut dengan infeksi sekunder. Sedangkan kemungkinan lainnya dapat berupa alergi dan gigitan serangga.

Terkait dengan pernyataan Anda tentang cacar babi, menurut penelitian, penyakit cacar babi ini bukan merupakan jenis penyakit zoonosis (penyakit atau infeksi dari hewan yang dapat menular pada manusia), sehingga keberadaannya tidak mengancam manusia.

Untuk sementara, apabila masih terdapat lenting kulit yang berisi cairan, cobalah untuk menjaga agar lenting-lenting tersebut tidak pecah, dengan cara mengoleskan sedikit bedak salisil untuk mencegah gesekan pada lenting. Bedak salisil juga dapat membantu mengurangi rasa gatalnya. Selain itu, hendaknya untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti makanan kaya akan probiotik (seperti yogurt) dan vitamin c (seperti buah berry dan buah sitrus) serta mencukupi kebutuhan istirahat agar proses pemulihan berjalan dengan baik.

Mengenai riwayat pengobatan Anda, mungkin diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk benar-benar mengetahui akar penyebab dari keluhan kulit Anda. Apabila keluhan kulit tidak kunjung membaik, segeralah memeriksakan keadaan kulit Anda pada dokter Spesialis Kulit.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit tertua yang pernah tercatat dalam sejarah

Penyakit Kusta dalam Sejarah, Pernah Dianggap Kutukan Di Semua Benua

Penyakit kusta adalah infeksi yang menyebabkan pembengkakan kulit dan kerusakan saraf parah di bagian lengan, kaki dan kulit di seluruh badan. Penyakit kusta pernah menjadi momok bagi masyarakat di seluruh dunia seperti Mesir, Yunani, Eropa.