Bagaimana cara mengatasi panu yang meluas?

LT Info Penanya: LT, Wanita, 1 Tahun
Maaf dok saya mau tanya obat panu yg udah menyebar di seluruh tubuh gimana ya..padahal udah di obatin pake salep atau herbal nga sembuh* makin banyak dok ..gimana dong dok cara ampuh buat nyembuhin nya rasanya ngaenak&gatal sekali dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LT,

Panu atau tinea versicolor adalah infeksi kulit yang timbul karena infeksi jamur dimana bisa menimbulkan ruam pada tubuh seperti bercak putih dan bisa memicu rasa gatal. Keluhan ini bisa timbul di seluruh lokasi kulit dimana juga ada beberapa gangguan kulit lain yang bisa memiliki keluhan yang mirip seperti misalnya pityriasis alba ataupun gangguan pigmen seperti vitiligo.

Jika sudah dilakukan pengobatan dengan salep atau herbal tidak ada perbaikan maka perlu dilakukan pemeriksaan langsung pada dokter atau dokter kulit untuk memastikan apa penyebabnya. Jika memang karena jamur akan diberikan obat antijamur baik minum ataupun salep dan penggunaannya memerlukan waktu setidaknya 2-3 minggu untuk bisa mengatasinya.

Tapi jika penyebabnya lain maka perlu dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang berbeda. Jadi segera periksakan ya. Jaga juga kebersihan diri dan juga hindari lembap ataupun bisa mengganti pakaian secara teratur terutama jika berkeringat. Hindari juga pakaian yang terlalu ketat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.