05 Jul 2021, 21:29Kulit & Kelamin

Gatal setelah menggunakan krim malam. Apa solusinya?

RK
Info Penanya: RK0
Hallo dok saya mau tanya, saya memakai sebuah krim malam dan setelah pakai itu wajah saya merasakan gatal gatal. Mohon dijawan dok
222 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Reni Utari
(0)
Selamat siang RK,Krim malam adalah obat racikan yang diresepkan dokter untuk diaplikasikan ke wajah saat malam hari.Gatal setelah menggunakan krim malam merupakan reaksi kulit terhadap bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam krim tersebut.Gatal-gatal bisa disebabkan oleh:- Dermatitis kontak atau reaksi kulit akibat penggunaan produk tertentu. Gejalanya berupa rasa terbakar, gatal, dan kemerahan di area tempat Anda mengoleskan krim- Alergi. Sensitivitas atau alergi terhadap bahan tertentu dapat menyebabkan kemerahan, bengkak, gatal, dan lecet pada kulitTips dalam menggunakan krim malam- Periksa labelnya. Pastikan krim malam yang digunakan sudah terdaftar di BPOM- Lakukan uji tempel terlebih dahulu, Anda dapat mengoleskan sedikit krim d bagian dalam siku, tunggu hingga beberapa jam. Jika tidak ada reaksi seperti kemerahan, bengkak, gatal maka bisa digunakan- Gunakan produk yang diberi label hipoalergenik- Hindari penggunaan bahan yang memicu iritasi- Oleskan krim atau losion antigatal- Kompres dingin menggunakan handuk selama 15-30 menit- Hindari menggarukKonsultasikan ke dokter spesialis kulit jika gatal-gatal disertai kemerahan, bengkak, dan iritasi kulit.Semoga bermanfaat. Salam sehatdr. Reni Utari  
alergigataldermatitis kontak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil