07 Feb 2021, 21:38Kulit & Kelamin

Bagaimana mengatasi iritasi akibat ekstraksi komedo?

AW
Info Penanya: AW0
Selamat malam dok Jadi gini dok, saya orangnya greget kalau sama komedo. Nah kemaren saya mau amb komedo nya tapi malah kulit yang ke kelupas. Dan sekarang jadi merah dan perih dok. Untuk mengobati nya bagaimana ya dok??
1196 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, AWTerima kasih atas pertanyaannya.Komedo adalah bentuk jerawat yang terjadi karena sumbatan pada folikel kulit oleh sebum.  Pada komedo tipe blackhead  pori-pori akan terbuka dan melebar sehingga zat pigmen akan membuat sumbatan ini terlihat menghitam.  Sedangkan whitehead terjadi karena sumbatan pada folikel kulit oleh bakteri yang tidak memicu zat pigmen sehingga akan terlihat putih.  Penanganan komedo tidak jauh beda dengan jerawat biasa pada umumnya. 

Beberapa cara mengatasi komedo :

  • Menggunakan produk yang non-acnegenic dan non-komedogenic.
  • Gunakan kandungan salicylic acid daripada benzoyl peroxide.
  • Eksfoliasi wajah seminggu sekali dengan kandungan AHA/BHA.
  • Gunakan masker yang berbahan clay atau arang yang memiliki fungsi membersihkan hingga bagian dalam kulit. Gunakan seminggu atau dua minggu sekali.
  • Hindari memencet atau mengeluarkan komedo sendiri karena malah akan membuat luka dan menimbulkan bekas luka.
Terkait yang anda tanyakan, ekstraksi atau membersihkan komedo tidak dapat dilakukan di rumah sendiri karena perlu tenaga professional yang sudah terlatih.  Karena sudah terjadi luka dan iritasi maka sebaiknya hindari penggunaan bahan kosmetik atau perawatan wajah apapun pada bagian yang luka atau perih.  Oleskan gel aloe vera untuk sementara sebagai penenang kulit.  Hindari memegang daerah yang teriritasi.  Bila  dalam beberapa hari kedepan masih terasa perih dan tidak mengering, anda dapat konsultasi dengan dokter spesialis kulit online ataupun secara offline untuk penanganan lanjutan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
perawatan kulitjerawatperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil