02 Nov 2020, 20:56Kulit & Kelamin

Kulit bentol-bentol disertai nanah, dan sudah 5 tahun

MA
Info Penanya: MA0
Malem dok, saya punya penyakit kulit tapi belum diketahui penyakitnya apa, kulit saya suka bentol disertai nanah, penyakit ini sudah saya alami 5 tahun dan tak kunjung sembuh ,lalu bagaimana cara untuk menghilangkan bekas luka yang lama dan luka akibat nanah yang baru muncul ya dok? Saya frustasi dok :)
552 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, MAE.Bentol-bentol bernanah yang sudah berlangsung menahun (kronis) biasanya disebabkan oleh kondisi alergi (dermatitis atopi) yang kemudian terinfeksi. Selain itu, kondisi kelainan kulit lain seperti dermatitis numularis, dermatitis kontak iritan (apabila terus-menerus terpapar bahan asam atau basa kuat), atau psoriasis, juga dapat menyebabkan kulit bernanah yang menahun.Sedangkan kondisi lain seperti infeksi jamur, infeksi bakteri, herpes zooster, dan bisul, jarang sekali bersifat menahun selama kekebalan tubuh seseorang masih baik.Mengenai penanganannya, akan lebih baik apabila Anda berkonsultasi langsung terlebih dahulu kepada dokter spesialis kulit. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Apabila ada kecurigaan alergi, tes alergi mungkin saja dilakukan. Setelah dipastikan penyebabnya, barulah dapat diberikan obat-obatan oles yang sesuai.Secara umum, beberapa hal yang Anda bisa lakukan untuk sementara adalah:
  • Perhatikan bentol tersebut muncul saat apa, dan hindari makanan atau suasana yang mencetuskannya
  • Hindari menggaruk walaupun gatal, karena dapat memicu infeksi
  • Konsumsi antihistamin yang dijual bebas seperti chlorpheniramine maleate sesuai dosis, untuk meredakan gatal
  • Oleskan bahan alami seperti minyak kelapa, lidah buaya, atau air lemon secara teratur untuk memudarkan bekas luka lama
Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
dermatitisdermatitis kontakeksim atopik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil