Apakah bedak bisa mengatasi gatal di kulit?

JK Info Penanya: JK, Pria, 1 Tahun
dok apakah bedak marck dapat mengatasi rasa gatal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JK.

Gatal pada kulit adalah respon kulit yang bisa terjadi karena beberapa penyebab, bisa karena ada reaksi alergi, bisa karena infeksi kulit, iritasi kulit, paparan benda asing, adanya luka dimana gatal bisa merupakan reaksi nyeri yang paling rendah, peradangan kulit dan lainnya.

Untuk mengatasi gatal sendiri bisa dilakukan penanganan baik mengatasi gejala yang timbul dan juga mengatasi penyebabnya. Untuk mengatasi gejala gatal bisa dilakukan beberapa cara seperti:

  • Membasuh bagian yang gatal dengan air dingin atau mandi air dingin
  • Kompres air hangat
  • Mengonsumsi obat antihistamin seperti chlorphenireamine maleat
  • Gunakan obat topikal seperit bedak salicyl, losion calamine ataupun salep kortikosteroid misalnya
  • Perlu hindari penyebabnya dan juga mengatasi penyebabnya seperti jika disebabkan infeksi jamur maka perlu diberikan antijamur

Untuk bedak marck sendiri merupakan bedak tabur yang digunakan sebagai riasan yang berisi kandungan talc, zinc oxide, titanium dioxide dan asam salisliat, jadi jika ada peradangan kulit seperti jerawat bisa membantu mengatasinya. Tapi kalau gatal bisa tidak membantu banyak. 

Apabila sering timbul gatal, ada ruam kulit atau keluhan kulit lain ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter atau dokter kulit agar dipastikan apa penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

perawatan dan pilihan obat untuk mengatasi gejala dermatitis kontak

Pengobatan Dermatitis Kontak untuk Hilangkan Rasa Gatal

Dermatitis kontak adalah penyakit kulit akibat iritasi zat di kulit yang memicu reaksi alergi. Seperti apa perawatan dan pilihan obat untuk dermatitis kontak?